Mohon tunggu...
Arvin Alfajri
Arvin Alfajri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Seni Budaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMP Negeri 1 Simo: Membuat Batik dari Pewarna Alam dalam Kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

9 Desember 2022   18:57 Diperbarui: 9 Desember 2022   18:59 1983
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Boyolali 09/12/2022 -- Profil Pelajar Pancasila salah satu bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Profil pelajar Pancasila diwujudkan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proyek tersebut berfokus pada kegiatan pembelajaran, pelatihan dan praktik langsung yang didalamnya termuat dimensi profil pelajar Pancasila seperti berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

SMP Negeri 1 Simo merupakan salah satu sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah Mandiri Berubah tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Simo dilaksanakan pada kelas VII.

Dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Negeri 1 Simo adapun tema utama yang diangkat dalam proyek ini adalah "Kearifan Lokal" dengan Judul Batik Sebagai Warisan Bangsa Indonesia.  Pelaksanaan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Negeri 1 Simo dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu dengan difasilitasi oleh semua Guru Mata Pelajaran.

Adapun model pembelajaran yang diaplikasikan adalah Project Based Learning dengan pendekatan kontekstual. Peserta didik diajak mengamati lingkungan sekitar dan memperhatikan gejala/kejadian yang berhubungan dengan tema. Selain itu anak memanfaatkan teknologi informasi untuk mencari sumber belajar dari internet.

Kegiatan pertama dalam proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Simo adalah pengarahan dan sosialisasi gambaran umum dan tujuan proyek kepada peserta didik. Hari kedua peserta didik diajak berwisata digital dengan mengunjungi tempat pembuatan batik melalui video youtube. Peserta didik diarahkan untuk mengamati berbagai jenis batik Nusantara, proses pembuatan batik, bahan yang digunakan dalam pembuatan batik dan memperhatikan sejarah batik Nusantara yang disampaikan oleh pakar.

Kegiatan kedua,peserta didik menyusun laporan analisis untuk dipresentasikan di depan teman-teman dan dilanjutkan menyusun rancangan membuat produk atau aksi nyata. Saat pelaksanaan aksi nyata,peserta didik berkolaborasi dengan sesame anggota kelompoknya untuk menghasilkan produk yang siap dipamerkan dalam gelar karya sekolah.

Diharapkan melalui kegiatan proyek ini, peserta didik mampu belajar secara mandiri dan berpikir kritis dengan tetap berperilaku santun serta bertanggung jawab dalam menghasilkan produk inovatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun