Mohon tunggu...
Arum Butler
Arum Butler Mohon Tunggu... Administrasi - Just me.....

The Wallflower and The Wildflower Alumni Danone Blogger Academy Batch 1 Tahun 2017 www.arumsukapto.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

World Dyslexia Day 21: Kenali Tanda-tanda Dyslexia pada Anak

26 Oktober 2021   21:50 Diperbarui: 26 Oktober 2021   23:03 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Narasumber Webinar World Dyslexia Day 21 (Foto milik Ibu Bulan Ayu)

Pembelajaran secara online pada masa Pademi Covid-19 saat ini memang  belum tentu bisa berjalan secara optimal untuk seluruh siswa, jadinya sebagai pengajar, guru dan orang tua harus bisa memahami bila ada masalah pada anak didiknya.


Faktor yang mempengaruhi maasalah belajar yaitu:
1.Masalah pembelajaran spesifik
2.Slow Learner
3.Intellectual Disability
4.Global Development Delay
5.Asperger Syndrome

Untuk point pertama masalah pembelajaran spesifik biasanya dikaitkan dengan dyslexia, Dyscalculia, Dysphasia, Dyspraxia, Dysgraphia, Visual in perception, Auditori, lemah daya focus & cepat lupa dalam pembelajaran.  

Pada tahun 2019, statistik menunjukan bahwa sekitar 10-15% dari populasi suatu  negara akan mengalami masalah dengan disleksia (informasi di acara World special Education Center Putra jaya Malaysia)

Disleksia atau dylsexia bukanlah hal yang asing bagi saya, pertama kali mendengar kata disleksia waktu tahun 2000 saat booming-nya Tom Cruise yang mengakui kalau dirinya memiliki gangguan disleksia. Bagi orang awam seperti saya, menganggap bahwa Disleksia adalah gangguan kesulitan membaca yang terjadi pada seseorang. 

Memang hanya sebatas itu yang saya tahu, namun setelah mengikuti webinar secara online telah memberikan informasi bagi orang awam seperti saya, dimana webinar ini dihadiri oleh narasumber hebat  Ibu Bulan Ayu, SE., SH., MH selaku Director and program Director Dyslexia Genius Malaysia Sdn Bhn yang juga aktif sebagai Cert. In Disorders Learning management & Psychology.  

Webinar ini diadakan dalam rangka memperingati World Dyslexia Day 21 pada tanggal 7 Oktober 2021 dengan mengangkat tema "Mendeteksi penyebab penurunan capaian pembelajaran/kognitif siswa dimasa pademi Covid - 19"


Mengenal tentang Dyslexia, Dyscalculia, Dysphasia

Dyslexia berasal dari bahasa latin "Dys" adalah kesulitan dan lexia memiliki pengertian kesulitan dalam perkataan dan bahasa, ini terjadi karena memiliki masalah dalam mengenal huruf dan bunyi huruf, kegagalan atau kesukaran menggabungkan bunyi huruf dan suku kata menjadi perkataan (tidak dapat mengeja dan membaca).  

Namun, ada beberapa yang dapat membaca tapi tidak dapat memahami apa yang dibaca, ada yang gelisah ketika melihat banyak huruf dan perkataan dalam paragraf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan