Mohon tunggu...
Artikel Gallery
Artikel Gallery Mohon Tunggu... lainnya -

Artikel Gallery | share with the different way [facebook.com/ArtikelGallery | http://id.linkedin.com/in/artikelgallery | http://artikelgallery.blogspot.com | @ArtikelGallery]

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Alexa vs HitStats vs Google Page Rank

28 Februari 2013   00:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:35 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alexa vs HitStats vs Google Page Rank - Saya merupakan penggiat internet sejak tahun 1998, saat masih kost di Bandung dan masih belum ada warnet sama sekali. Walaupun sudah lama bermain internet tapi percaya atau tidak, saya menggunakan fasilitas Alexa, HitStats dan Page Rank Info baru di tahun 2012 akhir. Tragis ya :) Saat menggunakan fasilitas Alexa, ternyata selang 2 hari Rank blog Artikel Gallery mendapatkan score 33 juta, wah saat itu saya senang sekali sambil berucap dalam hati: "angkanya banyak nih ! Keren !". Lalu saya baru mulai mencari tahu cara meningkatkan angka alexa tersebut di mbah Google, tapi 5 hari sesudahnya saya sangat kecewa karena rank alexa saya berkurang menjadi 29 juta, dalam hati saya berucap: Loh kok jadi turun sih !!! Hari-hari selanjutnya angka-angkanya semakin turun saja sampai ke rank 7 juta. Saat itu saya mulai mencari tahu apa penyebabnya, namun kali ini saya tanya dengan berbahasa Inggris. Weleh...weleh..... ternyata keterangan di blog orang Indonesia pengertiannya berbeda dengan blog orang bule. Nah baru tahu jadinya kalau meningkatkan ranking itu ternyata angkanya semakin ke bawah hehehehe.... Tiga bulan kurang 1 hari setelah diluncurkannya blog ini, tiba-tiba logo Page Rank saya ada angkanya (angka 2) dan posisi Rank Alexa saya sekitar 1,9 juta. Banyak pujian muncul di BBM diantaranya: "Boss gimana caranya tuh Google PR nya dapet 2 ?" (saya sendiri jujur aja gak tahu gimana hehehehe....) Namun ternyata yang berubah bukan hanya itu saja, traffic HitStats saya juga sejak tanggal 16 januari 2012 naik drastis dari kisaran 10-20 menjadi 20-50 visitor perharinya. Sejak saat itu saya mulai mencari tahu tentang SEO yang "BENAR". Kembali ke judul, setelah bolak-balik cek sana cek sini, ternyata: 1. Blog ber Alexa Rank tinggi tidak menjamin akan mendapatkan Google PR yang tinggi pula 2. Blog ber Alexa Rank tinggi tidak selamanya visitornya bejibun 3. Blog ber Google PR tinggi tidak selamanya memiliki visitor yang bejibun juga Nah, jadi korelasi antara Alexa vs HitStats vs Google Page Rank adalah bahwa ketiga tooling tersebut memiliki cara kerja masing-masing walaupun diclaim banyak orang bahwa pada prinsipnya adalah tingkat kunjungan. Tapi menurut saja, untuk meningkatkan Rank Alexa, saya tegaskan tidak membutuhkan know-how yang terlalu berlebihan, tapi untuk mendapatkan Google Page Rank barulah butuh know-how tertentu :) Jadi kesimpulannya, terlalu banyak tahu justru rank blog kamu akan jalan ditempat. Pahami saja pelan-pelan dan INGAT !!! semuanya tidak ada yang instant !!!

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun