Mohon tunggu...
Arti Mustika
Arti Mustika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menggambar dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik UPI 2021: Menghadapi Covid-19 di Bidang Pendidikan melalui Tayangan Singkat "BELA DIRI"

25 Juli 2021   23:49 Diperbarui: 26 Juli 2021   21:53 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kehidupan kita saat ini berdampingan dengan ancaman dari keberadaan virus corona. Sudah satu tahun lebih sejak virus tersebut menyebar dan mengubah berbagai rutinitas harian kita. Berbagai kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, kini harus beralih menjadi jarak jauh. Hal tersebut harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab demi kesehatan dan keselamatan bersama. Pasalnya, virus corona ini tidak dapat kita lihat namun dapat mengancam siapa saja yang sedang melaksanakan kegiatan apapun apabila tidak disertai perlindungan yang benar.

Kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan jarak jauh sejak maraknya Covid-19 di Indonesia. Mau tidak mau, kegiatan belajar bagi semua jenjang pendidikan pun dilaksanakan secara daring. Tidak sedikit pihak yang merasa keberatan, kebingungan, dan merasa kesulitan dengan pembelajaran daring karena tidak semua pihak siap dengan pembelajaran yang berbasis teknologi. Masih banyak siswa yang belum terbiasa menggunakan platform pembelajaran, panggilan video, atau mengakses materi pembelajaran dari internet. Belum lagi perasaan bosan dan ngantuk saat belajar dari rumah.

Terinspirasi dari lingkungan sekitar, termasuk saya sendiri sebagai mahasiswa yang harus belajar daring, hadirlah gagasan untuk menyusun video "BELA DIRI". Video dengan judul "BELA DIRI Bersama Lawan Corona sambil Belajar Daring oleh Arti [KKN TEMATIK MDBPE-MBKM UPI 2021]" tersebut diunggah di laman Youtube Arti Mustikaning Ati pada tanggal 13 Juli 2021 dan sudah disaksikan sebanyak 70 kali. Sebelum produksi video, saya mengamati hambatan belajar yang dialami saya dan adik saya selama pembelajaran daring. Saya yakin, bukan hanya saya dan adik saya saja yang merasa ngantuk dan bosan selama belajar. Kemudian, sering kali juga kita merasa kurang paham pada materi yang diberikan guru. Lalu, hadirlah gagasan untuk memproduksi video singkat yang diangkat dari keluhan-keluhan tersebut.

Tayangan singkat tersebut diproduksi untuk memenuhi salah satu tugas dari program KKN Tematik MDBPE-MBKM Universitas Pendidikan Indonesia 2021. Tugas yang dimaksud adalah untuk membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan di media sosial. Ada banyak pesan yang disampaikan dalam video "BELA DIRI" tersebut, salah satunya adalah cara memaksimalkan pembelajaran daring. Selain untuk hiburan, kita juga harus bisa memanfaatkan media sosial yang kaya akan informasi untuk kepentingan pembelajaran. Selanjutnya, ada keluhan selama belajar daring yang dilengkapi solusinya, dan imbauan untuk tetap waspada akan ancaman virus corona. Anda bisa menyaksikan tayangan lengkapnya di laman Youtube dengan mengakses tautan berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=DISqAkeVOIU


Tayangan singkat tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi teman-teman semua yang harus belajar dari rumah. Selain untuk memperoleh hiburan, maksimalkanlah fasilitas dan teknologi yang kita miliki untuk melengkapi pembelajaran daring. Kita juga harus memandang pembelajaran daring sebagai kesempatan yang produktif selama masa pandemi. Tayangan tersebut ditargetkan bagi siswa-siswi SMP dan sederajat, namun siapa saja yang menyaksikan diharapkan mampu menerima pesan dan manfaatnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun