Mohon tunggu...
Arsad Samsuddin
Arsad Samsuddin Mohon Tunggu...

Petani

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Open Recruitment UKM KSR - PMI Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi

23 November 2015   16:46 Diperbarui: 23 November 2015   17:16 0 0 0 Mohon Tunggu...

Baru-baru ini, tepatnya 19 November 2015 Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi melakukan kerja sama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berkedudukan di Menara 165 Office Tower, 14th Floor, Jl. TB. Simatupang Kav. Cilandak Timur, Jakarta Selatan 12560. Kerja sama tersebut perihal Bantuan Kemanusiaan.

Bencana alam bukan satu-satunya bencana yang harus kita hadapi, tetapi bencana sosial, dan juga bencana kemanusiaan lainnya. Bencana tidak dapat di tebak kapan pastinya akan datang. Yang jelas dewasa ini, cukup banyak kita saksikan baik secara langsung maupun melalui media silih berganti negeri kita dilanda bencana maupun dunia secara keseluruhan. Mengapa semua itu terjadi? Tidak lain adalah ulah manusia sendiri sebagai "penguasa bumi ini" yang arogan mengikuti hawa nafsunya, haus akan kekuasaan.

Kita perlu bersyukur, disaat yang lain sibuk memikirkan hawa nafsunya baik perorangan maupun kelompok (kelompok skala kecil maupun skala besar) untuk kepentingan mereka sendiri yang tanpa ia sadari ulahnya mengorbankan banyak orang, selain pemerintah masih banyak pihak yang benar-benar perduli dan terbuka mata hatinya untuk membantu sesama yang telah dilanda bencana. Bukan hanya peduli pada saat terjadinya bencana tetapi jauh hari sebelum ada bencana sudah siap untuk memberikan bantuan dan juga termasuk selalu mengedukasi masyarakat untuk pentingnya menjaga lingkungan dan lain sebagainya yang berpotensi menimbulkan bencana.

Maka melalui inisiatif dari pengurus Organisasi Mahasiswa PKS CWE, melihat bahwa ACT adalah salah satu pihak yang peduli akan hal tersebut. Dalam website-nya http://www.act.id/, dijelaskan ACT adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan yang aktivitasnya mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.

Saat saya dan beberapa mahasiswa pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (PKS CWE) berkunjung ke ACT, Yayat Supriatna selaku General Manager Community Philanthropy Management mengatakan,"Bencana bukan untuk ditakuti, tetapi kita harus mampu mengakrabi bencana." Dari pesan tersebut saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa mengapa kita perlu mengakrabi bencana, karena kita memang sudah terbiasa dengan bencana dan tak dapat mengelak kedatangannya khususnya kita yang tinggal di Indonesia iniselain harus mengakrabi bencana dan dengan itu dengan sendirinya kita sadar akan potensi bencana sekecil apapun yang kita lakukan.

Sebagai Institusi Pendidikan yang peduli terhadap korban bencana, PKS CWE mendorong mahasiswanya untuk turut memberikan perhatian terhadap masyarakat secara nyata, baik secara materil maupun non materil. Meski ditengah padatnya aktivitas perkuliahan, tetapi mahasiswanya tetap semangat dalam berbagai aktivitas kemahasiswaan termasuk melakukan tindakan nyata untuk kepentingan masyarakat.

Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di PKS CWE yang secara rutin memberi perhatian terhadap kondisi alam, kemanusiaan, dan sosial adalah UKM Korp Sukarelawan - Palang Merah Indonesia. Berbagai kegiatan telah dilakukan secara rutin mulai dari pelaksanaan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Bekasi, memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian saat terjadi banjir, melakukan penggalangan dana untuk korban asap yang melanda beberapa waktu yang lalu di Sumatera dan Kalimantan, dan lain sebagainya.

UKM tersebut akan melakukan penerimaan relawan baru untuk angkatan ke-3 di PKS CWE. Open recruitment tersebut akan dilaksanakan hari ini (23 November 2015) di Gedung 1 Ruang 3.3 -3.4 pukul 17.00 WIB. Bagi pengrus baru kami ucapkan selamat bergabung menjadi relawan.

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x