Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

"Si Seram" Buruan Kolektor Tanaman Hias 2021, Jangan Jual Sembarangan!

14 Januari 2021   17:01 Diperbarui: 14 Januari 2021   17:04 566 60 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Si Seram" Buruan Kolektor Tanaman Hias 2021, Jangan Jual Sembarangan!
Gambar Keladi Tengkorak Silver dari Hutan Kalimantan. Sumber: Sipek Indo Mandiri/Bukalapak

Bicara tanaman hias 2021, bergidik rasanya melihat tanaman yang satu ini. Pernahkah Anda memperhatikan cukup lama makhluk satu ini? Meskipun wujudnya berupa tanaman hias di sekitar rumah, saat awal melihatnya maka aura cukup “menakutkan” begitu merasuk sukma.

Tetapi, lambat laun “ketakutan” berubah menjadi “kekaguman” dan “jatuh hati”. Mengapa bisa sampai “hati kita jatuh”? Pandang lebih lama makhluk yang satu ini. Bentuknya yang hampir mirip tulang rusuk tengkorak, mengundang tanya keagungan ciptaan-Nya,”Kok bisa bentuknya seperti ini ya?”. Gak percaya? Coba kalau Anda dapat “menemukan” keladi tengkorak, pandang cukup lama dan nikmati keindahan ciptaan-Nya.

Nama bekennya “Keladi Tengkorak”, tidak mudah “bertemu” jenis tanaman hias yang satu ini. Andaipun Anda dapat “bertemu”, nasib mujur bisa jadi sebab dan perantara. Sebab, tidak semua taman dan rumah berhias tanaman yang memiliki bentuk unik ini.

Keladi tengkorak yang membuat kita dapat jatuh hati ada banyak macamnya. Bentuk daun segitiga bulat jantung nan eksotis dengan ruas menonjol seperti tulang rusuk tengkorak adalah ciri khasnya.

Nama ilmiahnya Alocasia Clypeolata, tumbuh di dataran tinggi dan rendah. Tumbuh di kawasan subtropik Asia seperti Indonesia, Cina, dan India. Di Indonesia, tanaman ini sebaran geografisnya berasal dari Kalimantan dan Papua.

Berikut 3 jenis keladi tengkorak yang dimungkinkan naik daun sebagai primadona dan akan diburu kolektor tanaman hias di 2021.

Gambar Keladi Tengkorak Amazon. Azrilgarden/Shopee
Gambar Keladi Tengkorak Amazon. Azrilgarden/Shopee

1. Keladi Tengkorak Amazon

Memiliki tulang daun bergelombang pada tepinya dan berbentuk rusuk manusia pada bagian tengahnya, membuat jenis tanaman ini dinamakan keladi tengkorak. Keladi tengkorak ini memiliki warna daun hijau tua dan tulang daun yang tegas.

Bentuk daun memanjang dengan tepi daun bergelombang. Tulang daun berwarna putih, dasar daun berwarna hijau tua, dan permukaan daun yang licin.

Gambar Keladi Tengkorak Black Velvet. Sumber: Garden Yellow/Tokopedia
Gambar Keladi Tengkorak Black Velvet. Sumber: Garden Yellow/Tokopedia

2. Keladi Tengkorak Black Velvet

Keladi tengkorak jenis ini memiliki ciri lapisan seperti beludru atau lapisan velvet di permukaan daunnya. Tanaman hias ini semakin cantik dengan garis-garis tulang tegas berwarna silver. Ciri lain dari keladi tengkorak ini daunnya cenderung keras dan batang-batangnya umumnya pendek.

Gambar Keladi Tengkorak Silver. Sumber: Vina Flora/Tokopedia
Gambar Keladi Tengkorak Silver. Sumber: Vina Flora/Tokopedia

3. Keladi Tengkorak Silver

Bentuk daun bulat, tetapi warna dasar daunnya silver. Tulang daun berwarna hijau. Memiliki daun yang tebal dan tangkai daun yang pendek.

Cara Merawat Tanaman Hias Keladi Tengkorak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN