Mohon tunggu...
Arolina Sidauruk
Arolina Sidauruk Mohon Tunggu... Lainnya - Mengharap vote mitra Bestari

dari ASN ke UU no.18/2003

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengaruh Kebaya bagi Wanita Batak

8 September 2022   18:49 Diperbarui: 8 September 2022   19:48 465 13 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Menurut pendapat orang-orang dulu bahwa Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang memiliki berbagai nilai filosofis, pesan yang disampaikanpun mengingatkan kita pada masa perjuangan wanita Indonesia. Dari banyaknya busana tradisional yang ada di Indonesia, kebaya ditetapkan sebagai busana Nasional oleh Presiden Soekarno (Olivia, 2014). 

Alasannya, waktu itu kebaya dianggap paling ideal untuk mencerminkan keanggunan sosok wanita Indonesia. Selain memiliki multy fungsi  kebaya juga memiliki fungsi sosial sebagai pembelajaran untuk wanita agar berpakaian rapi, pantas dan senantiasa menjaga kehormatannya (Setiawan, 2009). 

Dulu kebaya hanya dipakai oleh kaum priyayi atau masyarakat dilingkungan Keraton saja tetapi semakin kesini  seluruh kaum wanita   dari berbagai kalangan dapat memakai kebaya yang boleh dipadupadankan dengan hajatan yang tengah dilaksanakan. 

Yang saya baca ternyata Kebaya berasal dari Negara Arab dan membawa baju kebaya yang Arabnya "abaya" ke Nusantara ratusan tahun yang lalu, kemudian  menyebar ke Jawa. dan  memang faktanya baju kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia dan juga Malaysia,Singapura dan Brunei Darussalam. 

Dalam beberapa event - event  terlihat beragam mode dan penampilan yang  cantik yang disampaikan melalui cara mengenakan kebaya.  apalagi bila di pakai dengan model kurung dan kain batik atau   songket.  

Perkembangan kebaya dari zaman ke zaman .

Ada dua jenis kebaya yang enak dikenakan, yaitu kebaya encim dan kebaya putu baru  (kebaya nyonya). Kebaya Encim adalah sejenis kebaya yang dipakai oleh perempuan keturunan Cina, yang biasanya dihiasi dengan sulaman dan bordiran. kebaya putu baru merupakan  kebaya bergaya tunik pendek berwarna-warni dengan motif yang cantik. 

Panjang kebaya putu baru tadinya mencapai mata kaki sipemakai, tetapi sudah mengalami perkembangan sesuai zaman. Pakaian yang mirip yang disebut "nyonya kebaya" ini konon diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Malaka. 

Mereka mengenakannya dengan sarung dan kasut cantik bermanik-manik yang disebut "kasut manek". Kini, nyonya kebaya sedang mengalami pembaharuan, sudah terkenal bukan dari kalangan Wanita Asia saja.  dan bahkan kesannya terpisah dari  kebaya tradisional. Pertanyaannya :  Kapan kebaya itu digunakan?  karena saya disini sedikit Egois,menceritakan pengalaman sendiri, supaya tidak salah apabila memasuki ranah orang lain yang  mempunyai ciri khas tersendiri dan  pernak-pernik Kebaya  yang sangat beragam. Takut salah......

Kebaya dalam pesta adat Batak. 

Dalam suku batak/ wanita Batak,   kebaya wajib dikenakan dalam setiap acara -- acara resmi dan setengah resmi. Baik di acara  pernikahan, meninggal dunia  (duka cita ) dan acara-acara yang menyangkut adat istiadat   masyarakat Batak. belum tentu juga semua wanita  ( ibu-ibu ) mengetahuinya. Yok kita ulas satu persatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan