Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Mengapa Ular Suka Masuk ke Bodi Motor?

28 Maret 2021   00:08 Diperbarui: 28 Maret 2021   00:14 146 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Ular Suka Masuk ke Bodi Motor?
Foto: Evakuasi ular Sanca di motor warga di Tebet, Jakarta Selatan (dok. Damkar DKI Jakarta)

Berita tentang ular Sanca dan ular kadut yang masuk ke bodi motor dan mesin cuci di Jakarta dan menjadi viral itu, membuat saya teringat akan peristiwa dimana beberapa kali kemasukan ular juga ke dalam rumah, meskipun jenisnya berbeda.

Sudah lebih dari dua kali, ular masuk ke dalam rumah. Bersembunyi di belakang lemari atau masuk ke dalam karung bekas. Lalu apa hubungannya dengan kedua kisah ular yang lebih suka "teknologi" di atas? Saya menduga ada keserupaan dengan yang saya alami.

Jika berkaca dari peristiwa yang saya alami, maka ular masuk rumah itu biasanya berkaitan dengan musim. Di musim hujan atau dingin misalnya, ular akan masuk ke rumah, bersembunyi untuk mencari kehangatan.

Kebetulan rumah saya berdekatan dengan kali mati, jadi kata tetangga ular itu datang dari kali. Dia hidup di lubang-lubang kali, lalu air mulai mengalir, dia kedinginan dan akhirnya masuk ke dalam rumah.

Itu beberapa tahun lalu, sekarang di antara kali dan rumah saya sudah ada kos-kosan, prediksi saya keturunan ular itu mendapat "tempat tinggal" baru. Sebelum ke rumah saya, mungkin akan mampir terlebih dahulu.

Kembali ke mencari kehangatan. Ular itu jika dingin tentu mencari celah atau tempat yang hangat, bodi motor bisa menjadi sasaran.

Jika kita lihat bagaimana ular sanca itu masuk, maka dia memang mencari tempat untuk "tidur", yang nyaman, meski pada akhirnya pemilik motor yang tidak nyaman bahkan takut. Seperti juga mesin cuci.

Lalu apakah ini berarti kita perlu berhati-hati menggunakan sepeda motor atau mesin cuci, jangan sampai ada ular di dalamnya?

Saran saya, jika rumahnya memang berdekatan dengan sungai, kali atau rawa-rawa, maka memang mesti lebih waspada, seperti yang saya alami. Di rumah saya, bahkan seisi rumah sudah tahu bahwa jika ada bunyi berisik di belakang lemari, desisan, maka itu pasti ular dan kita perlu bersiap.

Pelajarannya sederhana. Jika habitat ular itu mulai terganggu dengan semakin banyaknya pemukiman, maka dia pasti akan mencari tempat bernaung yang tak biasa. Rumah, bodi motor atau mesin cuci, karena itu kita memang perlu waspada.

Dari berita ular masuk bodi motor itu, juga ada pelajaran bahwa jika ulra masuk rumah, dengan ukuran besar dan jenis yang berbahaya, maka perlu disiapkan agar kita mempunyai nomor kontak damkar, atau pihak-pihak yang lebih ahli untuk mengatasi ular tersebut, jangan coba-coba sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x