Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Mempertanyakan Klaim Anies Baswedan, Jakarta Hanya 15 Persen Terendam Banjir

7 Januari 2020   06:01 Diperbarui: 20 Januari 2020   05:11 2856 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mempertanyakan Klaim Anies Baswedan, Jakarta Hanya 15 Persen Terendam Banjir
Sumber Gambar : Kompas.com

SETELAH banjir mulai surut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nampak terlihat gembira. Saat melakukan kerja bakti di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020) wajahnya riang.

Ya, lebih mudah bekerja ketika hujan muali tidak tercurah dengan kejam awal tahun, memang lebih baik membersihkan daripada harus lelah berpikir karena ditanya terus menerus soal penanganan banjir khususnya naturalisasi.

Di tengah keceriaan, dilansir dari Kompas.com Anies dengan percaya diri mengklaim bahwa hanya 15 persen yang terdampak banjir saat hujan deras pada 31 Desember sampai 1 Januari 2020.

"Karena itu, alhamdulillah 85 persen wilayah Jakarta aman. Ada 15 persen yang terdampak dan 15 persen itu ada di bawah 1 persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter. Artinya secara sistem, kesiapan kita alhamdulillah baik," kata Anies.

Bukan itu saja, Anies juga menambahkan bahwa banjir yang  melanda sejumlah wilayah disebabkan karena pompa air yang tersedia tidak mampu mengatasi jumlah air hujan yang tinggi.

"Tempat yang curah hujannya ekstrem seperti di sini (Kelurahan Makasar), di sini curah hujannya ekstrem, maka antara pompa mengalirkan dengan hujan yang jatuh enggak seimbang," kata Anies.

Baik ada dua poin, pertama, soal klaim 15 persen dan kedua, soal penyebabnya yaitu tidak maksimalnya penggunaan pompa.

Klaim 15 persen ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi beberapa pihak apalagi jika angka prosentase ini adalah wilayah. Benarkah demikian, apalagi jika perlu bertanya bagaimana bisa banjir yang memaksa puluhan  ribu sodara basodara mengungsi itu, hanya 15 persen saja?

Sebenarnya, jika melihat hanya satu sisi saja, klaim ini patut dipertanyakan. Akan tetapi jika kita melihat postingan dari Anies di Instanya, mungkin kita bisa dapat lebih memahami. Begini postingan Anies tersebut yang di kutip dari siaran langsung media sosial Instagram Anies @aniesbadwedan, Minggu (5/1) dan dikutip oleh CNNIndonesia.

"Ada 390 RW yang terendam. 85 persen, alhamdulilah bisa kami kendalikan airnya," kata Anies

Nah, jika 390 RW yang terendam dari total 742 RW di Jakarta, maka sudah dapat dikatakan bahwa yang terendam lebih dari 50 persen, lalu darimana angka 15 persen?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN