Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Artikel Utama

3 Hal yang Diharapkan dari Rencana Ekspos Data Perhitungan Suara Kubu Prabowo

8 Mei 2019   21:32 Diperbarui: 9 Mei 2019   10:42 0 5 1 Mohon Tunggu...
3 Hal yang Diharapkan dari Rencana Ekspos Data Perhitungan Suara Kubu Prabowo
Ekspos Data Lembaga Survei I Gambar : Tribun

"Kita ada kesepakatan, insyaallah akan ada ekspos dari tim IT yang ada di BPN. Insyaallah mengundang berbagai pakar sehingga insyaallah akan memberikan informasi yang konstruktif, yang positif, yang sahih beberapa hari ke depan untuk ada ekspos publik temuan dari BPN terhadap Situng dari KPU dan juga penghitungan internal," Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPP PKS Almuzzammil Yusuf.

Penantian itu sedikit lagi jawabannya akan tiba. Kubu Prabowo berencana akan melakukan ekspos data perhitungan suara pekan depan.

Dikabarkan dari detik.com, kepastian itu didapat sesudah Prabowo, Sohibul, dan sejumlah elite dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) mendengarkan presentasi dari pakar statistik Prof Soegianto Soelistiono mengenai penghitungan suara Pilpres 2019.

Sehingga dipikirkan adalah langkah yang baik jikalau masyarakat juga tahu tentang data perhitungan.

"Tentunya kalau ini disampaikan ke KPU, Bawaslu, dan masyarakat, dan apa yang kita sampaikan terbukti kebenarannya tentu akan menjadi rujukan semua pihak karena pemilu luber-jurdil itu amanat konstitusi, rujukan semua pihak. Tinggal diuji aja nanti oleh KPU dan Bawaslu," tambah Muzzammil.

Persoalan data dan sumber data dari BPN, memang menjadi misteri hingga sekarang bagi publik. Bahkan semakin geger, sesudah politisi Demokrat, Andi Arief, menyentil data 62 persen yang dianggap sesat karena menurut Andi data tersebut dibisiki oleh "setan gundul".

Dari beberapa polemik ini, maka ekspos data oleh kubu BPN adalah sesuatu yang  amat penting, karena berkaitan dengan harapan masyarakat akan jawaban dari berbagai polemik yang terjadi. Paling tidak, ada 3 harapan yang dari ekspos data yang akan dilakukan.

Pertama, kubu Prabowo harus mampu membuktikan data tersebut didapatkan dari sebuah metodologi yang dilakukan secara ilmiah.

Penjelasan tentang sampling frame yang diambil, lalu bagaimana cara pengujiannya perlu dijelaskan dengan jelas.

Persoalan yang mencuat selama ini adalah dasar akan klaim kemenangan hingga 62 persen. Dalam ekspos nanti, diharapkan pihak BPN harus mampu menunjukan apakah sampling yang diambil itu random atau tidak random.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x