Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Di Balik Tangisan dan Tuduhan Suap kepada Pemain Persib

20 November 2018   22:06 Diperbarui: 21 November 2018   10:47 1361 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Tangisan dan Tuduhan Suap kepada Pemain Persib
Apakah masih ada suap di sepak bola Indonesia : Gambar : cyprus.mall

Saya sendiri sudah bicara langsung dengan Supardi, Ardi, termasuk Hariono. Mereka sampai menangis mengadu ke saya. Mereka sangat sakit (atas tudingan itu). Main 30 kali, satu kali kalah, masa dibegitukan (dituding). Itu semua tidak benar," kata manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Di tengah penampilan timnas Indonesia yang sedang goyah di Piala AFF 2018, sepak bola Indonesia mendapat cobaan. Menjelang akhir kompetisi Liga 1 maupun Liga 2, isu akan tuduhan adanya pengaturan skor atau suap pada pemain sepak bola terdengar kuat. Khususnya pada pemain Persib Bandung.

Dilansir dari berbagai media, kekalahan beruntun yang dialami oleh Persib Bandung menjadi akar penyebab muncul isu tak sedap ini, terutama saat dikalahkan oleh PSMS Medan, 0-1 pada 9 November lalu.

Sesudah kekalahan tersebut, asisten pelatih Fernando Soler dan pelatih Mario Gomez akhirnya menilai empat pemain Persib, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Ghozali Siregar dan Eka Ramdani telah menerima suap.

Terendus media, manajemen Persib berusaha membela diri. Manajer Persib, Umuh Muchtar bahkan mengatakan bahwa tuduhan ini adalah sebuah fitnah. Umuh juga telah mengusahakan agar Fernando Soler dapat menyelesaikan masalah internal tersebut dengan para pemain.

Umuh bahkan mengatakan bahwa para pemain yang dituduhkan itu amat terpukul. Umuh juga mengatakan akan berusaha membersihkan nama pemain yang dituduhkan tersebut.

"Saya sendiri sudah bicara langsung dengan Supardi, Ardi, termasuk Hariono. Mereka sampai menangis mengadu ke saya. Mereka sangat sakit (atas tudingan itu). Main 30 kali, satu kali kalah, masa dibegitukan (dituding). Itu semua tidak benar," ujar Umuh Muchtar.

Selain itu, Umuh juga berusaha membereskan hubungan antara Fernando Soler dan para pemain terkait.

"Sudah barusan, Soler bilang di mana. Saya bilang tanya saja Supardi tanya aja Ardi. Kamu (Soler) telepon Ardi, telepon Supardi," kata pria yang akrab dipanggil dengan Pak Haji ini.

Setelah sepertinya akan reda, api tuduhan suap ini malah bertambah besar. Semua itu dimulai dengan tuduhan bahwa manajemen sendiri yang memberikan uang pada beberapa pemain sehingga tampil seadanya. Umuh mengatakan bahwa tidak mungkin melakukan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x