Arnold Adoe
Arnold Adoe Tukang Kayu

Menulis untuk berbagi... #FB : Arnold Adoe # Insta : Arnold_Adoe # Twitter : Arnold Adoe

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Venue Asian Games 2018 dan Kebanggaan Indonesia

7 Agustus 2018   05:22 Diperbarui: 9 Agustus 2018   14:48 695 2 0
Venue Asian Games 2018 dan Kebanggaan Indonesia
Sumber Gambar : olahraga.kompas.com

Sejumlah 28 Venue Asian Games 2018 telah siap digunakan untuk pergelaran pesta olahraga terbesar antar negara Asia pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. 

Venue-venue ini diharapkan oleh pemerintah dapat sukses menjadi arena pertandingan berbagai cabang olahraga pada Asian Games ke-18 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Keberadaan venue-venue ini diharapkan bukan sekedar menjadi tempat penyelenggaraan, namun juga dapat menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia. Oleh karena itulah, pemerintah dan anak-anak terbaik bangsa terpanggil untuk dapat memberikan kontribusi terbaik di dalam semangat Untukmu Indonesiaku.

Sebenarnya, semangat ini sudah dikobarkan terlebih dahulu oleh Presiden Soekarno menjelang penyelenggaran Asian Games 1962 di Jakarta. 

Soekarno memandang Asian Games sebagai usaha perjuangan bangsa yakni meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia sebagai suatu bangsa yang bahagia dan terhormat di dunia dan juga wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Oleh karena itulah gelora semangat luar biasa dari Bung Karno dapat membidani terbangunnya Gelora Bung Karno yang terus dibanggakan hingga sekarang.

Sumber Gambar : Diolah dari UntukmuIndonesiaku.com
Sumber Gambar : Diolah dari UntukmuIndonesiaku.com
Gelora semangat yang sama jugalah yang dirasa telah mendorong Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk turut berperan aktif dalam menyukseskan Asian Games 2018. 

Sebagai Official Partner Asian Games 2018, APP Sinar Mas secara khusus telah membangun Venue APP Sinar Mas Bowling Center di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Rampung sejak November 2017 dan telah diuji coba dalam turnamen skala nasional pada Maret 2018, APP Sinar Mas Bowling Center secara resmi telah diserahkan oleh APP Sinar Mas kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pada akhir Mei lalu.

Rakyat Indonesia patut berbangga karena arena ini dapat disebut sebagai salah satu arena bowling terbaik yang pernah ada di dunia. Paling tidak ada 3 (tiga) faktor utama yang dapat dijadikan pedoman untuk mendukung hal tersebut.  

Pertama, mesin bowling yang digunakan adalah teknologi terbaru dengan kualitas terbaik di dunia. APP Sinar Mas Bowling Center mempunyai  mesin bowling atau pinsetter jenis American Machine and Foundry atau America Qubica. Teknologi ini termasuk teknologi terbaru dan tercatat sebelumnya hanya dipakai di dua arena terbaik di dunia yaitu Azerbaijan dan Dubai, Qatar.

Sumber Gambar : lamanqu.com
Sumber Gambar : lamanqu.com
Mesin bowling yang  terpasang rapi dengan lane jenis ini hanya digunakan untuk pertandingan dalam skala internasional. Oleh karena itu, Venue APP Sinar Mas Bowling Center ini seusai penyelenggaran Asian Games dapat digunakan sebagai arena pertandingan berkelas dunia.

"Bowling center ini merupakan yang terbaik di dunia, bukan hanya Asia! Kejuaraan dunia boling akan diselenggarakan di sini," tegas Menpora Imam Nahrawi saat menjajal venue ini pada acara serah terima venue pada 30 Mei 2018 yang lalu.

Kedua, jumlah lintasan atau lane yang banyak. APP Sinar Mas Bowling Center  memiliki 40 lintasan bowling, jumlah ini jauh lebih banyak dari rata-rata lintasan di arena bowling pada umumnya, -yang biasanya hanya memiliki 20-30 lintasan boling.

Sumber Gambar : bola.com
Sumber Gambar : bola.com
Keunikan ini membuat APP Sinar Mas Bowling Center mampu untuk menyelenggarakan pertandingan dalam skala yang besar.

Pihak penyelenggara juga tak perlu khawatir soal kenyamanan menampung atlet maupun pengunjung yang banyak karena didukung dengan kapasitas gedung yang mampu menampung hingga 600 penonton dengan pendingin ruangan  yang stabil di antara 18- 21 derajat celcius.

"Sekarang kita punya venue dengan 40 lane mesin AMF yang hanya dimiliki di tiga negara saja. Fasilitas lainnya juga sudah bertaraf internasional," ujar Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat membuka kejuaraan Nasional pada Maret 2018 yang lalu.

Ketiga, desain bangunan yang semi futuristik. Memiliki luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi yang berdiri kokoh di atas lahan seluas 2,8 hektar, bukan kekokohan bangunan saja yang terlihat jelas tetapi juga desain yang menarik. Bangunan terlihat  futuristik dengan tampak depan dibuat menyerupai pin bowling.

Sumber Gambar : juara.bolasport.com
Sumber Gambar : juara.bolasport.com
Desain ini membuat APP Sinar Mas Bowling Center yang berada di kawasan Jakabaring Sport City ini tampak bukan sekedar sebagai tempat olah raga semata tetapi juga mampu tampil menarik massa yang akhirnya dapat  mendukung aktivitas bisnis Jakabaring Sport Center di masa depan.

Kehadiran venue Asian Games 2018 berkelas dunia seperti APP Sinar Mas Bowling Center sekali lagi menandakan keseriusan APP Sinar Mas untuk berkontribusi nyata dengan mengalokasikan total anggaran mencapai Rp 27 milyar untuk membangun venue ini.

APP Sinar Mas yang menjadi produsen terbesar kertas Sinar Dunia (Sidu) dan tisu Paseo bisa dianggap berhasil mengelorakan semangat Untukmu Indonesiaku yang dikumandangkan Bung Karno pada Asian Games 1962. APP Sinar mas telah ikut menggoreskan hal besar dalam momen bersejarah bagi Indonesia seperti perhelatan Asian Games ini.

Sebuah persembahan bernilai yang dipercaya membangkitkan kebanggaan sebagai rakyat Indonesia ketika ribuan atlet dari 45 negara Asia berlomba dan  menggelorakan energi positif, Energy of Asia ketika bertanding di Venue Asian Games 2018 yang mengagumkan seperti APP Sinar Mas Bowling Center. Untukmu Indonesiaku!

Referensi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2