Mohon tunggu...
Herdian Armandhani
Herdian Armandhani Mohon Tunggu... Pemuda yang Ingin Membangun Indonesia Melalui Jejaring Komunitas

Kalau Tidak Mampu untuk Menjadi Pohon Beringin yang Kuat untuk Berteduh, Jadilah Saja Semak Belukar yang Sisinya Terdapat Jalan Setapak Menuju Telaga Air

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

JNE Dukung UMKM Bali Tembus Pasar Global

29 September 2018   20:51 Diperbarui: 2 Oktober 2018   12:36 678 2 1 Mohon Tunggu...

Denpasar (Bali) - Kegiatan pemasaran  produk UMKM yang ada di Bali ke luar negeri maupun dalam negeri tentu tak lepas dari peran perusahaan jasa pengiriman yang professional  sebagai rekan bisnis untuk membantu mendistribusikan produk karya anak bangsa ke konsumen.

Salah satu perusahaan jasa kuris ekspres dan logistic yang telah menjalankan bisnisnya selama 28 Tahun di Indonesia yakni JNE, menggelar acara KOPIWRITING bersama kompasiana  dengan tema "Dari lokal untuk Global" yang digelar pada Kamis (27/9) 2018 di Jempiring Resto Hotel Aston Jalan Gatot Subroto Barat No 283 Denpasar.

                                                                                                                  (SUMBER FOTO : DOKUMENTASI PRIBADI)
                                                                                                                  (SUMBER FOTO : DOKUMENTASI PRIBADI)
Dalam kegiatan KOPIWRITING ini menghadirkan narasumber yang membagikan pengalamannya sesuai dengan tema yang diusung. Diantaranya I Gde Wayan Suamba, SE (Kepala Bidang  Perindustrian Dinas Perdagangan ), Ni Luh Ary Pertami Djelantik (Owner Brand Ni Luh Djelantik), A A A Mas Utari Noviyanthi (Owner Beehandycrafts Bali), danReza Arfany (Head of Cargo Sales JNE Freight).

Acara yang dikemas talkshow ringan ini dipandu Made Nian Anggara selama 1,5 jam. Tak lupa Komunitas Kompasiana Muda Dewata (Ku De Ta) turut diundang berbaur dengan awak media yang turut meliput kegiatan ini.

I Gde Wayan Suamba,SE  mengatakan bahwa pengusaha lokal UMKM seperti Ni Luh Ary Pertami Djelantik dan A A A Mas UtariNoviyanthi merupakan pahlawan. Sebab usaha yang mereka berdua bangun dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan juga pajak bagi negara.

"Saat ini peran sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terhadap Expor Daerah Bali  mencapai 65% atau setara 600.000 USD. Artinya sektor UMKM terus berkembang didukung Pariwisata sebagai sektor yang saling bersinergi" imbuhnya.

Produk UMKM Bali yang diminati oleh konsumen saat ini seperti produk makanan ringan, minuman produk, kecantikan, produk spa, sarung bali, kerajinan tangan hingga tenun.

Suamba menambahkan untuk terus mendukung pengusaha UMKM Bali agar terus berkembang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bali melakukan berbagai upaya seperti memberikan penyuluhan mengenai desain produk dan diversifikasi kerajinan, memfasiltasi pameran untuk produk UMKM lokal di dalam dan luar negerti, mengadakan kerjasama dengan Bank BUMN untuk pinjaman KUR, dan sistem manajemen mutu/gugus pengadaan mutu.

Reza Arfandy selaku Head of Cargo Sales JNE Freight memaparkan peran JNE sebagai mitra UMKM lokal dalam menunjang usaha bisnis mereka ke dunia internasional.

"Saat ini JNE melayani pengiriman melalui laut baik inbond maupun outbond. JNE dapat mengirimkan produk 220 negara dengan jangka waktu pengiriman 2 hingga 6 hari. Bahkan yang luar biasa JNE melayani pengiriman customize dengan menggunakan cargo muatan besar" jelasnya.

Lanjut Reza, sebagai perusahaan pengiriman ekspress dan logistik JNE terus berupaya untuk terus mewujudkan dukungan, seperti memberikan peluang kerjasama kemitraan untuk masyarakat, serta program  JLC (JNE Loyalty Card) agar pelanggan mendapatkan benefit dari tiap aktifitas pengiriman.

Pengalaman Menarik Pengusaha Lokal dengan JNE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x