Mohon tunggu...
Arjuna Getar Buana
Arjuna Getar Buana Mohon Tunggu... Hai

Hai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen Sistem Informasi dalam Knowledge Management

25 Oktober 2020   23:03 Diperbarui: 25 Oktober 2020   23:07 67 1 0 Mohon Tunggu...

Didalam sebuah organisasi diperlukan suatu tata kelola atau penyusunan suatu data atau informasi agar lebih terstruktur dan valid. Nah, dengan adanya Manajemen Sistem Informasi  membuat kita lebih mudah dalam melakukan pengelolaan suatu data. Apalagi ada sebuah data prosedural yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan suatu organisasi maupun perusahaan.

Secara umum, manajemen sistem informasi adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen. Yang mana tujuannya keseluruhan sistem ini digunakan dalam rangka menganalisis sistem informasi yang lain pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi. 

Apabila suatu organisasi memiliki tata kelola MSI yang baik akan membantu berkembangnya organisasi tersebut, meningkatnya produktivitas serta penghematan dalam hal biaya di dalam organisasi, meningkatnya kualitas dari SDM dikarenakan unit sistem kerja akan lebih terkoordinasi serta sistematis, mempermudah pihak manajemen dalam melakukan pengawasan, perencanaan, pengarahan serta pendelegasian kinerja pada semua departemen yang mempunyai koordinasi dan hubungan, efisiensi serta efektivitas data yang lebih realtime dan akurat.

Kemudian kita akan membahas mengenai knowledge managamen yang merupakan suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi.

Unsur-unsur Knowledge Management

  • Informasi/Pengetahuan
    Knowledge Management erat kaitannya dengan informasi, pada era global seperti sekarang ini setiap organisasi bisnis saling berlomba untuk mendapatkan informasi -- informasi yang berkaitan dengan kondisi pasar, baik itu berupa peluang, tantangan maupun situasi dan kondisi yang dapat menghambat kinerja organisasi secara umum. Organisasi bisnis yang menerapkan konsep knowledge management selalu mengikuti perkembangan informasi pasar, dalam hal ini adalah informasi -- informasi mengenai kebutuhan konsumen.
  • Manusia
    Perkembangan teknologi informasi memang memainkan peranan yang penting dalam konsep knowledge management. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia akan diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi, sehingga jika berbicara mengenai knowledge management tidak lepas dari pengelolaan informasi -- informasi yang aktual dan terpercaya kebenarannya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya Sumber Daya Manusia yang memiliki Pengetahuan (Knowledge), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill) serta Pengalaman (Experience) untuk dapat membentuk SDM yang superior yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Keempat unsur tersebut di atas merupakan modal yang tidak akan habis/hilang begitu saja. 
  • Organisasi
    Hampir semua aktivitas kehidupan manusia diwarnai dengan pengelolaan informasi, begitu juga dengan sebuah organisasi. Organisasi harus memiliki sistem pengelolaan yang baik untuk menghasilkan knowledge yang berkualitas dan berguna bagi kepentingan organisasi. Organisasi memerlukan Knowledge Management untuk melancarkan kinerja organisasi secara umum dengan memanfaatkan teknologi informasi. Organisasi yang menerapkan konsep knowledge management mengikuti perkembangan-perkembangan informasi mengenai kebutuhan konsumennya.
  • Struktur/Manajemen
    Unsur yang terakhir adalaha Manajemen, manajemen merupakan proses dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading) dan pengendalian (controlling) sebagai upaya dari seluruh anggota organisasi dengan mengunakan seluruh sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Bentuk-bentuk Pengetahuan

Bentuk dasar pengetahuan ada dua:

  • explicit knowledge

pengetahuan dalam bentuk nyata sehingga dapat dipelajari, seperti modul dll.

  • Tacit knowledge

Pengetahuan yang ada dalam pikiran seseorang dan belum dipelajari banyak orang.

Saya Arjuna Getar Buana (1101618071) mahasiswa dari program studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarata. Menulis artikel ini dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Sistem Informasi. 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x