Mohon tunggu...
Said RamadhanA
Said RamadhanA Mohon Tunggu... Masih Mahasiswa

Saya Masi Banyak Kekurangan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemenn Sistem Informasi dalam Knowledge Management

27 Oktober 2020   05:05 Diperbarui: 27 Oktober 2020   05:06 9 1 0 Mohon Tunggu...

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan.

Pengertian Manajemen Informasi

Manajemen Informasi adalah adalah rangkaian kegiatan yang biasanya digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, atau mendistribusikan informasi yang nantinya akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tersebut diantaranya adalah untuk mendapatkan pengetahuan bersama, dan peningkatan kinerja dari suatu organisasi.

Pada umumnya, Manajemen informasi ini mempunyai sebuah konsep yang meliputi sumber daya manusia dan juga Ilmu Teknologi yang tujuannya untuk mencapai organisasi perusahaan yang semakin baik sehingga mampu memenangkan persaingan bisnis.

Unsur Manajemen Informasi

  • Manusia

Artinya Manajemen Informasi dikelola oleh manusia, dengan manusia ini nantinya dapat menciptakan sebuah pengetahuan baru. Tanpa manusia tentunya tidak akan ada informasi.

  • Informasi

Manajemen informasi tentunya tidak akan terlepas dari informasi yang nantinya akan dikelola oleh manusia. Dengan adanya sumber daya manusia yang dapat mengelola informasi dengan baik, tentunya akan menghasilkan nilai positif pada suatu komunitas atau organisasi

  • Organisasi

Dalam mencapai tujuan bersama pada suatu organisasi, diperlukan pengelolaan informasi yang baik pada organisasi tersebut. Maka dari itu suatu organisasi memperlukan pengelolaan yang baik agar dapat menghasilkan pengetahuan yang berkualitas dan penting bagi organisasi.

  • Manajemen

Unsur manajemen proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan juga pengendalian yang dilakukan oleh suatu organisasi sebagai upaya agar setiap SDM pada organisasi tersebut dapat mencapai tujuan organisasi.

Bentuk-bentuk Manajemen Informasi

  • Tacit Knowledge

Yaitu Pengetahuan yang ada dalam pikiran seseorang dan belum dipelajari banyak orang. Biasanya didapatkan dari suatu pengalaman pribadi.

  • Explicit Knowledge

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN