Mohon tunggu...
arjarir
arjarir Mohon Tunggu... Penulis - blogger

hanya blogger biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat dan Tujuan BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

7 Juni 2023   17:00 Diperbarui: 8 Juni 2023   20:58 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BKK (Bursa Kerja Khusus) untuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah ajang yang diselenggarakan khusus untuk mempertemukan siswa SMK dengan perusahaan atau pengusaha yang mencari tenaga kerja terampil dalam bidang-bidang tertentu. Bursa kerja ini bertujuan untuk memfasilitasi penempatan siswa SMK dalam dunia kerja dan membantu mereka mendapatkan kesempatan magang, kerja paruh waktu, atau pekerjaan penuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dan tujuan dari bursa kerja khusus SMK:

1. Penempatan Kerja

Bursa kerja khusus SMK memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertemu langsung dengan perusahaan atau pengusaha yang mencari tenaga kerja terampil. Ini membuka peluang bagi siswa untuk diterima bekerja langsung setelah lulus atau untuk melakukan magang yang dapat menjadi pintu masuk ke pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

2. Menjembatani Kesenjangan antara Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja

Bursa kerja ini membantu menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja dengan menghubungkan siswa SMK dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan keterampilan yang dimiliki oleh siswa tersebut. Ini membantu mengurangi kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja industri dan lulusan SMK.

3. Penyampaian Informasi

Bursa kerja khusus SMK juga menjadi wadah untuk penyampaian informasi tentang persyaratan pekerjaan, kualifikasi, dan tuntutan industri kepada siswa SMK. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja ini dapat memberikan gambaran tentang industri dan memberikan saran tentang keterampilan yang perlu ditingkatkan oleh siswa untuk meningkatkan peluang mereka di dunia kerja.

4. Pengembangan Jejaring (Networking)

Siswa SMK dapat memanfaatkan bursa kerja khusus ini untuk membangun jejaring atau jaringan kontak dengan perusahaan dan individu-individu yang terlibat dalam dunia kerja. Jejaring ini dapat membantu siswa memperluas peluang karir mereka di masa depan dan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang mungkin tidak tersedia secara umum.

5. Peningkatan Motivasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun