Mohon tunggu...
Arista Tri Wardani
Arista Tri Wardani Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah dan Kota

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peran Ekonomi Wilayah

5 Desember 2019   19:31 Diperbarui: 5 Desember 2019   19:34 133 0 0 Mohon Tunggu...

Sejatinya wilayah merupakan suatu daratan atau lautan yang memiliki batas teritorial, serta diberikan oleh suatu negara untuk dikelola dan menjadi hak milik agar memudahkan melakukan proses pemerataan di setiap wilayah. 

Dalam suatu wilayah agar wilayah tersebut tetap terus berkembang perekonomiannya penting untuk memperhatikan kelengkapan infrastruktur yang ada. Infrastruktur adalah suatu penunjang sarana maupun prasarana yang berguna bagi kebutuhan manusia sehari-hari untuk melengkapi dan memudahkan keberlangsungan hidupnya. 

Dukungan infrstruktur yang memadai nantinya akan mempengaruhi pula pada tingkat pertumbuhan perekonomian di wilayah tersebut sebab infrastruktur yang lengkap juga akan meningkatkan jumlah lapangan kerja yang tersedia sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada. 

Jika suatu wilayah tersebut memiliki pendapatan daerah yang tinggi berarti dapat dikatakan bahwa wilayah tersebut berhasil mensejahterahkan masyarakatnya.

Infrastruktur dibentuk dengan cara membangun kelengkapan-kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan. Pembangunan infrastruktur tidak hanya digunakan dalam jangka waktu pendek saja, namun pembanagunan suatu infrastruktur juga harus memikirkan dalam jangka panjangnya. 

Pembangunan infrastruktur untuk jangka panjang ini adalah suatu upaya agar tidak melakukan pemborosan dalam sumber daya alam kita dan juga agar anak cucu kta nanti juga dapat merasakan infrastruktur yang saat ini kita gunakan. Dalam suatu pembangunan penting untuk memperhatikan 3 prinsip dalam konsep pembangunan berkelanjutan. 3 prinsip itu antara lain:

  • Prinsip Sosial
  • Dalam setiap kegiatan pembangunan di suatu wilayah harus mengedepankan kepentingan masyarakat luas, dan memperhatikan untuk kebutuhan kehidupan sekarang maupun masa yang akan datang.
  • Prinsip Ekonomi
  • Dalam setiap pembangunan di suatu wilayah harus memenuhi kebutuhan ekonomi saat ini tanpa harus merugikan masa yang akan datang.
  • Prinsip Ekologi
  • Dalam setiap pembangunan di suatu wilayah harus memperhatikan keberadaan ekosistem yang ada dan memperhatikan daya dukungnya sehingga kita tetap dapat menjaga kelestarian lingkungan yang ada.

Pada dasarnya tujuan dari pembangunan ekonomi wilayah itu selain untuk menambah lapangan kerja juga terdapat tujuan-tujuan lainnya yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi wilayah tersebut, menjaga kelestarian lingkungan yang ada di wilayah, meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat, penetapan sebagai sektor unggulan di suatu wilayah, upaya untuk pemerataan pembangunan di suatu wilayah, dan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x