Mohon tunggu...
Arista Tri Wardani
Arista Tri Wardani Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah dan Kota

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peran PEL dalam Pembangunan Daerah

5 Desember 2019   00:06 Diperbarui: 5 Desember 2019   00:11 37 0 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan adalah sebuah proses bangun atau menciptakan maupun mewujudkan suatu tujuan dengan adanya keterlibatan pihak yang bersangkutan. 

Sebuah pembangunan sangat penting dilakukan dan sedang menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia terutama dalam bidang ekonomi. Suatu pembangunan yang dilakukan memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah meningkatkan pendapatan per kapita (pertumbuhan ekonomi) dengan menciptakan lapangan kerja yang variatif berdasarkan kemampuan masyarakatnya.

Pengembangan ekonomi lokal adalah peran dimana pemerintah daerah dengan usaha lokal di masyarakat saling terlibat untuk memelihara, mendorong, dan merangsang aktivitas suatu usaha yang nantinya akan menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru. Pengembangan ekonomi lokal ini sangat penting dalam pengembangan daerah lokal, contohnya seperti tape Bondowoso.

Tape Bondowoso merupakan salah satu produk usaha guna pengembangan ekonomi lokal yang mampu meningkatkan pendapatan per kapita daerah dan masyarakatnya, serta menciptakan sebuah lapangan pekerjaan dengan pengembangan tape tersebut, seperti pengembangan makanan kuliner baru Bondowoso dengan bahan tambahan atau bahan dasar tape Bondowo, dimana makanan kuliner baru tersebut dapat menjadi produk usaha baru atau menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan bekerja sama dengan daerah lainnya yang berpengaruh dalam pembangunan ekonomi lokal Bondowoso.

Pengembangan ekonomi lokal atau PEL ini agar memudahkan suatu pendekatan pengembangan daerah adalah dengan menciptakan sebuah strategi yaitu, pengontrolan, perencanaan dan pengembangan daerah lokal; menetapkan lingkup ekonomi dalam perusahaan; membangun atau melengkapi infrastruktur utama dan transportasi di daerah lokal dengan daerah sekitarnya; pengembangan lahan dan pembentukan jalan berdasarkan peraturan kebijakan. Sedangkan untuk strategi pengembangan usaha baru seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah membuat pusat bantuan untuk usaha lokal, menentukan usaha (jenis) dan teknologi yang akan digunakan, memperkirakan keuangan perusahaan atau modal yang dimiliki, membuat pusat informasi usaha yang dibangun di berbagai tempat, serta membuat program usaha skala kecil.

Dengan adanya strategi -- strategi seperti diatas mampu membantu daerah lokal untuk pengembangan ekonomi lokalnya, sehingga daerah tersebut tidak menjadi daerah tertinggal atau pun menjadi salah satu daerah miskin dan mampu mencapai kesejahteraan masyarakatnya. Hal inilah yang menjadikan sebuah pengembangan ekonomi lokal itu penting karena berpengaruh dalam sebuah pembangunan daerah yang menunjang kemajuan pembangunan suatu negara pula. Banyak usaha dan tindakan yang perlu dilakukan agar pengembangan untuk pembangunan dapat berjalan sesuai dengan rencana ataupun target yang harus dicapai. Namun bukan berarti daerah yang sedang melakukan sebuah proses pengembangan merupakan daerah yang tertinggal mau pun daerah minskin, melainkan daerah yang sudah mampu atau unggul masih dapat terus melakukan sebuah pembangunan terutama pada pengembangan ekonomi lokalnya guna memperkuat dan terus mampu meningkatkan perekonomian daerahnya dan masyarakatnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x