Mohon tunggu...
Aris Armunanto
Aris Armunanto Mohon Tunggu... Lainnya - Penghobi jalan pagi.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur,...(Amsal 17:22).

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng, Walaupun Puncak Berkabut Tetap Mempesona

16 Desember 2023   04:58 Diperbarui: 17 Desember 2023   11:41 881
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di bulan Desember ini, saya kembali melakukan Solo Hiking. Kali ini, pilihan saya ke puncak Gunung Prau via Patak Banteng dengan elevasi 2.565 mdpl.

Gunung Prau adalah satu dari beberapa gunung yang berada di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini termasuk favorit para pendaki. 

Banyak pendaki yang memilih melakukan camping di puncak Gunung Prau, berharap di pagi harinya mendapatkan view sunrise yang memesona menyembul dari balik puncak beberapa gunung yang ada disekitarnya. Sedangkan sebagian pendaki lainnya, termasuk saya, lebih memilih Tektok, yaitu penikmat naik gunung tanpa camping.

Pukul 4:30 WIB, saya meninggalkan rumah, memacu sepeda motorku menuju ke Temanggung, lalu Wonosobo. Kemudian dari pusat kota Wonosobo saya akan menuju ke arah Dieng.

Perjalanan saya sempat terhambat oleh kemacetan yang panjang di ruas Jl. Raya Ambarawa - Magelang. Kemacetan mulai dari Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, sampai ke perbatasan dengan Kabupaten Temanggung.

Untunglah dengan memanfaatkan kelincahan sepeda motor yang berukuran kecil, saya pun mencari setiap celah untuk bisa keluar dari kemacetan tersebut. Ternyata ada truk tanki berisi gas elpiji dari Semarang yang mengalami rem blong. Saat itu sedang dievakuasi oleh mobil derek. Disitu ada beberapa anggota polisi dan dua mobil pemadam kebakaran.

Kemacetan di ruas Jl. Raya Ambarawa - Magelang (Dokumentasi pribadi) 
Kemacetan di ruas Jl. Raya Ambarawa - Magelang (Dokumentasi pribadi) 

Setelah truk tanki berisi gas elpiji berhasil dievakuasi, saya pun melanjutkan perjalanan. Singkat cerita sampailah saya di Wonosobo. 

Kabupaten Wonosobo terletak di Provinsi Jawa Tengah, dengan Kota Wonosobo sebagai ibu kotanya. Tidaklah mengherankan jika wilayah kabupaten ini udaranya sejuk, karena didominasi oleh daerah pegunungan. 

Dataran tinggi Dieng (Dieng Plateau) merupakan wisata andalan Kabupaten Wonosobo. Dan di kalangan pecinta pendakian gunung, nama Dieng tentunya sudah tak asing lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun