Mohon tunggu...
Aris Armunanto
Aris Armunanto Mohon Tunggu... Lainnya - Penghobi jalan pagi.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur,...(Amsal 17:22).

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ini Manfaat Solo Hiking Gunung Andong via Pendem

2 Agustus 2023   04:18 Diperbarui: 6 Agustus 2023   16:03 1547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Solo hiking atau mendaki sendirian bagi sebagian orang dapat memberikan rasa nyaman ketika mendaki.  Tak ada tekanan untuk memperlambat atau mempercepat langkah kaki anda. Selain itu bisa untuk mengukur kemampuan fisik anda secara keseluruhan.

Karena sendirian anda pun akan lebih waspada dan fokus pada trek yang dilintasi. Jika menjumpai sesuatu yang menarik bisa berhenti tuk mengamatinya secara detail. 

Sabtu, 29 Juli 2023 saya melakukan solo hiking ke Gunung Andong, walaupun seminggu sebelumnya sudah ke puncak Andong via Dusun Sawit ditemani istri saya. Solo hiking tersebut memberikan manfaat dan pengalaman tersendiri bagi saya. 

Kali ini, pendakian dimulai dari Basecamp Pendem tak jauh dari Basecamp Taruna Jaya Giri di Dusun Sawit. Tepatnya berada ditengah-tengah diantara Dusun Sawit dan Dusun Gogik.

Dusun Pendem, Sawit dan Dusun Gogik telah dikenal sebagai Basecamp jalur pendakian ke puncak Gunung Andong. Terletak di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Pukul 06:00 WIB saya tiba di Basecamp Pendem (Andong Jaya). Ternyata sudah cukup banyak kendaraan yang  telah diparkir disini. Saya pun menuju ke Post Registrasi. Disana ada dua orang petugas menyambut saya dengan ramah. Saya membayar tiket pendakian 20 ribu rupiah dan parkir sepeda motor 5 ribu rupiah lalu kemudian menulis data diri saya.

Basecamp Pendem (DokPri)
Basecamp Pendem (DokPri)

Membaca dari "Daftar Registrasi Basecamp Gunung Andong via Pendem" bisa didapatkan informasi jumlah pendaki yang sudah duluan muncak, preferensi jam pendakian, tempat asal pendaki dan sarana transportasi yang mereka gunakan. Sebelum saya tiba dilokasi Basecamp Pendem ternyata sudah ada 49 pendaki lainnya. 

Kota atau daerah tempat asal mereka pun cukup beragam. Yaitu: Kalikajar- Wonosobo, Sleman-Yogyakarta, Yogyakarta Kota, Bekasi, Salam-Magelang, Temanggung, Surakarta, dan Semarang.

Bagi yang ingin camping dan berharap melihat "golden sunrise" pun tentunya sudah menghitung waktu yang ditempuh agar sampai puncak sebelum matahari terbit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun