Mohon tunggu...
Aris DaniSaputro
Aris DaniSaputro Mohon Tunggu... Lainnya - Pribadi

Saya seorang Blogger.Hobby Saya membaca dan menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Ini Penjelasan Mengapa Perusahaan Harus Membuat Kuesioner Kinerja Karyawan

29 Desember 2020   13:51 Diperbarui: 29 Desember 2020   13:55 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian kuesioner menurut Dewa Ktut Sukardi ( 1983 ) adalah suatu bentuk teknik pengumpulan data yang dilakukan pada metode penelitian dengan tidak perlu memerlukan kedatangan langsung dari sumber data.

Jika kuesioner disangkut-pautkan dengan kinerja karyawan akan membantu perusahaan untuk menggali informasi selama karyawan melakukan proses pekerjaannya.

Hal ini dapat dijadikan dasar pengembangan suatu perusahaan menjadi lebih baik lagi.Selain itu kuesioner juga memiliki tujuan untuk tercapainya visi-misi perusahaan karena ini memiliki banyak manfaat seperti,

* Memiliki data yang dapat dijadikan dasar peningkatan kinerja karyawan dan melakukan perbaikan penghasilan jika sesuai target yang ditetapkan,
* Sebagai bahan untuk menentukan pola kerja untuk lebih meningkatkan produktivitas maupun kualitas karyawan,

Perusahaan dapat menggali informasi dari karyawan dengan interview langsung,membagikan form isian (kertas) atau memanfaatkan teknologi digital (aplikasi smartphone).Adapun data-data yang diambil meliputi

* Apakah karyawan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan,
* Apa saja kesulitan karyawan selama menjalankan pekerjaannya,
* Bagaimana karyawan menjalin komunikasi dengan rekan kerjanya.

Untuk kuesioner kinerja karyawan di suatu perusahaan merupakan tanggung jawab bagian personalia.Tetapi terkadang ada perusahaan yang menyewa konsultan-konsultan SDM yang menyediakan jasa melakukan kuesioner kinerja karyawan sampai memperoleh kesimpulan akhir.

Setelah mengetahui kegunaan menerapkan kuesioner,suatu perusahaan juga harus mengetahui cara penyusunan kuesioner kinerja karyawan.Dalam penyusunan kuesioner kinerja karyawan untuk menentukan kriteria penilaian terdapat indikator-indikator yang harus diperhatikan seperti,

* Isi dan tujuan harus sesuai dengan apa yang ditargetkan.Sebisanya mungkin memiliki minimal 3 pernyataan,

* Skala pengukuran harus tepat sasaran.Pemakaian skala seperti sangat setuju,setuju,kurang setuju,tidak setuju lebih mudah dinilai daripada menyelipkan tambahan skala netral.

Sebagian karyawan mungkin akan lebih memilih skala netral daripada yang lain karena ini akan lebih aman jika ada suatu hal terjadi suatu saat nanti,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun