Mohon tunggu...
Arik Ratna Wiyandani
Arik Ratna Wiyandani Mohon Tunggu... Guru - just ordinary human

easy going

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi PPL 1 dengan Model PBL-Daring dan Media Geogebra serta Canva

18 Desember 2022   11:06 Diperbarui: 18 Desember 2022   11:18 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Dampak :

  • Ketika peserta didik diminta untuk berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil, terlihat bahwa sebagian besar lebih aktif dalam ikut serta memecahkan permasalahan yang diberikan.
  • Dengan menggunakan kelompok kecil, peserta didik dapat memanfaatkan tutor sebaya dengan lebih optimal dibandingkan dengan metode pembelajaran klasikal dalam kelas besar.
  • Dalam penyusunan LKPD, ketika permasalahan yang diberikan dekat dengan peserta didik, maka masing-masing peserta didik dapat lebih mudah memberikan masukan kepada kelompoknya untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, dikarenakan mereka paham akan situasinya.
  • Penggunaan aplikasi geogebra memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik mengenai konsep-konsep barisan aritmatika, sehingga konsep mudah dipahami dan peserta didik bersemangat untuk menyelesaikan permasalahan pada LKPD.
  • Penggunaan aplikasi canva pada LKPD juga membuat pengalaman baru bagi peserta didik.
  • Pemberian apresiasi kepada peserta didik yang aktif berperan dalam pembelajaran juga memberikan dorongan kepada sebagian besar peserta didik untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran.
  • Ketika menyajikan hasil diskusi kelompok, masing-masing siswa memiliki kemampuan yang beragam dalam melakukan presentasi. Dan sebagian besar mengalami kesulitan dalam hal menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya, pendidik kurang menerapkan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik belum terbiasa mengungkapkan pendapatnya di depan umum.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Dari hasil penilaian evaluasi, dengan ketuntasan siswa 86,7% (4 siswa tidak tuntas dari 30 siswa), penggunaan media geogebra sebagai alat bantu pembelajaran dlaam memahami konsep dasar barisan aritmatika dirasa sangat efektif. Dan aplikasi canva pada LKPD membuat peserta didik antusias.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 

Hasil wawancara dengan teman sejawat yang menjadi observer pada saat itu, memberikan tangapan positif terhadap proses pembelajaran yang terlaksana. Dengan menggunakan aplikasi geogebra dan canva, peserta didik lebih termotivasi menyelesaikan permasalahan yang diberikan, hal ini dapat dilihat dari antusiame mereka untuk mencoba menggunakan aplikasi geogebra untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

  • Untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan diperlukan perencanaan yang matang dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi yang akan disampaikan.
  • Penggunaan media pembelajaran yang sesuai menjadi penunjang utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun