Mohon tunggu...
Arika Octavia
Arika Octavia Mohon Tunggu... Student

Mahasiswa S1 Pariwisata UGM 2019

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Sexist Jokes: Bukan Sekadar Lelucon

15 April 2021   15:12 Diperbarui: 15 April 2021   20:09 166 11 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sexist Jokes: Bukan Sekadar Lelucon
Dok. pribadi penulis

Seringkali seksisme terjadi dalam kehidupan sehari-hari, bahkan terkadang kita nggak menyadarinya. Salah satu bentuk seksisme yang jarang disadari oleh masyarakat adalah lelucon seksis atau yang sering disebut dengan Sexist Jokes.

"Ah, baperan amat."

"Cuma bercanda kali."

Pasti nggak asing dengan kata-kata di atas 'kan? Yups, kata-kata itu yang biasa dipakai oleh orang-orang setelah melontarkan lelucon menyinggung yang nggak ada lucunya sama sekali. Banyak yang menganggap kalau Sexist Jokes itu nggak berbahaya, namun pada kenyataannya lelucon seksis dapat dikategorikan sebagai verbal harassment, lho! Ayo simak mengapa kita harus berhenti melontarkan lelucon seksis!

Nah, pertama-tama kita harus tau dulu, sexist jokes itu apa sih?

Humor seksis adalah lelucon yang sifatnya merendahkan atau menghina dengan tujuan memberikan stereotype kepada seseorang atau kelompok yang menjadi objek berdasarkan gender mereka. Sexist jokes seringkali bersifat seksual dan memandang suatu gender sebagai alasan untuk melakukan diskriminasi. 

Lalu contoh-contoh sexist jokes itu yang kayak gimana sih? Jangan-jangan kita pernah jadi korban sexist jokes tapi nggak nyadar?

"Ada yang bulat tapi bukan tekad, ada yang menonjol tapi bukan bakat" 

"Kok jalanmu kayak gitu? Udah nggak perawan, ya?"

"Jalanmu lambat banget, kayak cewek aja!"

"Kok kamu bisa dapat posisi itu? Habis ngapain sama bosnya?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x