Mohon tunggu...
Arika Yafi Fawazzain
Arika Yafi Fawazzain Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

hallo saya seorang mahasiswa UIN Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas Menulis II

2 Oktober 2022   14:05 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:10 39 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

halloo disini aku akan menceritakan kembali apa yang sudah temanku ceritakan, yaitu sebuah film yang berjudul My Idiot Brother. Film ini tayang sudah lama, mungkin beberapa dari kalian masih ingat dengan film ini.

Hiduplah sebuah keluarga kecil yang dikaruniai anak laki-laki yang bernama Hendra. Hendra adalah anak laki-laki dengan fisik yang sempurna, badan yang besar dan tinggi, tetapi dia mempunyai kekurangan yaitu yang ada pada selaput otaknya sehingga bisa dikatakan sebagai anak berkebutuhan khusus. Hendra mempunyai adik perempuan yang bernama Angel, Angel adalah gadis yang cantik juga mandiri tapi sedikit galak. Angel adalah anak yang normal, tidak seperti kakaknya.

Pada suatu hari keluarga ini pindah rumah ke daerah lain, Angel sangat senang karena dirumah yang baru ini dia diberikan rumah pohon khsus untuk dia tidur agar tidak di ganggu kakaknya dan agar lebih fokus untuk belajar. Karena pindah rumah, Angel juga pindah sekolah di salah satu sekolah SMA.

Disekolah yang baru Angel bertemu dengan teman-teman baru juga, dia sekelas dengan gadis yang bernama Agnes. Agnes adalah anak yang cantik, tetapi sayangnya dia dan geng nya benci dan iri kepada Angel, mungkin karena Angel juga gadis yang cantik di sekolah tersebut. Maka dari kebencian mereka terhadap Angel, mereka sering jahil terhadap Angel.

Pada suatu hari mama dan Hendra pergi ke sekolah Angel untuk menitipkan Hendra karena mama ingin menjenguk tantenya dirumah sakit. Diajaklah Hendra ini ke salah satu cafe di dekat sekolahnya. Kebetulan Hendra sangat suka sekali coklat jadi dia mengambil beberapa kue coklat. Ternyata di cafe itu ada salah satu geng nya Agnes, dia tahu bahwa laki-laki berkebutuhan khusus itu adalah kakak dari Angel, makanya saat Hendra mengambil selai coklat si temannya Agnes ini menjahilinya dengan menyenggol Hendra. Hingga pada akhirnya terjadi kericuhan di cafe tersebut. Penjaga cafe itupun ikut terkena imbasnya, dia terdorong oleh Hendra. Sesampainya dirumah Angel bilang ke mama bahwa dia malu mempunyai kakak yang berkebutuhan khusus, tapi mama selalu menasehati Angel agar tetap bersyukur. Angel memang agak kasar terhadap Hendra, mungkin karena itu Hendra suka memberontak. Tapi Hendra adalah kaka yang sangat perhatian dan sayang kepada Angel. Setiap pagi Angel selalu diantarkan susu ke kamarnya oleh Hendra, dan pernah suatu saat kepala Angel memar dan Hendra melihat itu langsung memberikannya kotak P3K. Padahal Hendra adalah anak berkebutuhan khusus, yang jika dilihat sepertinya didak mungkin melakukan hal tersebut.

Suatu hari Angel dihukum oleh gueu karena ngantuk saat jam pelajaran matematika, akhirnya dia disuruh keluar oleh guru tersebut. Dia cuci muka lalu bergegas ke lapangan basket untuk bermain basket karena memang Angel ini sangat suka bermain basket dan dia bermain basket untuk melampiaskan keluh kesahnya. Tetapi naasnya dia malah terpeleset saat ingin memasuki bola basket ke ring. Tiba-tiba datanglah seorang laki-laki, ternyata dia adalah anak baru yang bernama Aji. Aji adalah laki-laki yang tampan dan juga baik hati, Aji berasal dari luar negeri, makanya dia mempunyai paras yang tampan sehingga banyak gadis yang terpesona dibuatnya. Begitupun Angel, saat Aji meraih tangan Angel untuk membantunya berdiri, Angel terpesona melihat ketampanannya. Agnes juga kadang iri melihat kedekatan Aji dan Angel. Saat itu Angek sudah merasakan benih-benih cintanya pada Aji.

Hari ulang tahun Hendrapun tiba, yaitu tanggal 18 Desember. Angel diingatkan mama untuk datang ke sekolah Hendra dan merayakannya bersama teman-teman sekolah Hendra disana. Pulang sekolah cuacanya mendung, Aji menawarkan untuk pulang bareng dengan Angel, Angelpun menyetujuinya. Ditengah perjalanan tiba-tiba hujan lebat, akhirnya mereka berteduh di salah satu halte. Angelpun teringat bahwa dia harus ke sekolah kakaknya untuk merayakan ulang tahun Hendra. Dia berlari secepat-cepatnya hingga tibalah dia disekolah Hendra. Disana sudah ada Hendra, mama, bu guru, dan juga teman-teman Hendra. Namun nampaknya Hendra tidak menyukai acara ulang tahun tersebut, sehingga saat dia hendak meniup lilin, Hendra malah mengamuk dan membanting semua barang yang ada disekitarnya, Angelpun terkena kue yang dilempar Hendra kearahnya, Angel kesal dan memarahi Hendra. Sampai dirumah Angel masih kesal dan bilang ke mama dia sangat malu dan capek mempunyai kakak yang cacat.

Beberapa hari kemudian, papa pulang dari pekerjaannya. Papa membawakan hadiah berupa topi untuk Angel, karena Angel sangat suka topi. Mereka sekeluarga mengobrol diruang keluarga, papa mengajak semuanya untuk berlibur besok ke dufan, meteka semua senang karena akhirnya akan berlibur bersama-sama.
Keesokannya di dufan mereka bermain banyak permainan dan wahana serta mendapatkan banyak hadiah karna memenangkan permainan tersebut. Merekapun lelah, akhirnya mereka duduk didepan salah satu wahana di dufan. Mama mengajak papa untuk beli minum, Angel disuruh untuk menjaga kakaknya agak tidak kemana-mana. Tetapi karena Angek ingin bermain satu wahana lagi, jadi mau tidak mau dia meninggalkan Hendra sendirian. Ketika Hendra duduk sendirian, dia dihampiri oleh manusia robot yang ternyata didalamnya adalah salah satu gengnya Agnes, diapun menjahili Hendra dengan mengajaknya ke rumah cermin yang pastinya akan membuat Hendra bingung didalam rumah cermin itu. Mama dan papa datang ke tempat dimana mereka menitipkan Hendra kepada Angel, tetapi Hendra sudah menghilang, sedangkan Angel baru selesai naik wahana. Merekapun kebingungan, mama menyalahkan Angel karena sudah ceroboh karena tidak mengawasi kakanya dengan benar, tetapi karena Angel anak remaja yang emosinya masih belum stabil, dia tidak terima disalahkan seperti itu, hingga akhirnya mama dan Ngel bertengkar. Merekapun melaporkan kehilangan Hendra ke kantor polisi dan juga mencarinya sendiri, tetapi tidak membuahkan hasil. Berhari-hari Hendra belum pulang kerumah juga, Angel merasa kesepian dan sedih karena biasanya kakanya mengantarkan susu untuknya, bertingkah konyol didepannya sekarang menghilang. Hingga pada suatu hari Hendra ditemukan dan pulang kerumah. Dia membangunkan Angel, Angel bahagia karena Hendra sudah balik kerumah dengan selamat. Dia langsung memeluk Hendra dengan erat karena saking senangnya.

Aji laki-laki tampan teman sekolah Ange lakan berulang tahun, Angel sangat bersemangat dalam menyambut ulang tahun Aji, karena Aji sendiri yang mengundangnya ke acara ulang tahunnya. Angel meminta uang yang ada dicelengan Hendra untuk membeli kado yang akan dia berikan kepada Aji. Angel membelikan helm untuk Aji, paket helm yang Angel pesan untuk Aji akhirnya datang. Mamanya bertanya kepada Angel apakah dia yang mengambil uang celengan Hendra, tetapi Angek tetap saja mengalihkan kalau uang itu bukan dia yang meminta tapi Hensra yang memberikannya untuk Angel. Mama juga bertanya tentang paket itu, tapi setelah itu mama langsung pergi kedalam dan mengacuhkan Angel.
Hari ulang tahun Ajipun tiba, Angel bersiap-siap dengan memakai gaun yang cantik dan riasan yang indah. sesampainya diacara ulang tahun Aji, dia lupa membawa kado yang sudah dia siapkan, geng an Agnes mengejeknya karena tidak membawa kado. Aji langsung menghampiri Angel dan menariknya kedepan dan acarapun dimulai. Saat prosesi pemotongan kue, kue pertama dan kedua diberikan untuk ayah dan ibunya Aji, sedangkan kue ketiga diberikan untuk Angel karena Angel dekat dengan aji suka bermain basker bersama. Pada saat kuenya akan diberikan untuk Angel, Hendra tiba-tiba datang ke tempat tersebut. Ternyata dia membawa kado yang tertinggal untuk aji, saat Hendra datang semuanya kacau, Agnes dan geng nya sengaja mempermalukan Angel didepan orang-orang, dan Angel tidak ingin mengakui bahwa Hendra adalah kakak kandungnya. Angelpun pergi meninggalkan tempat itu begitupun kakaknya. Angel memaki-maki Hendra dengan kata-kata yang menyakitkan. Aji menghampiri mereka dan Angel tambah malu, hingga tidak sengaja Hendra terdorong ke kebawah jalan raya karena Angel. Angek langsung sigap untuk menolong kakaknya, tetapi kakanya sudah terbaring lemas karena juga tertabrak mobil. Angel mennagis tersedu-sedu debgan mendekap kakaknya, Aji hanya bisa melongo menyaksikan hal tersebut. Tidak lama kemudia ada mobil yang melaju kencang yang menabrak Angel dan Hendra hingga mereka berdua akhirnya dilarikan kerumah sakit dengan menggunakan ambulan. Angel dan Hendra terluka parah, hingga Angek membutuhkan pendonor hati karena hatinya rusak. Mama bersedia untuk emndonorkan hatinya untuk Angel, tetapi tidak tahu kenapa tiba-tiba hatinya Hendralah yang di donorkan untuk Angel. Empat hari setalah Angel tidak sadarkan diri pasca operasi, papa datang keruangan Angel untuk memberukan hadiah ulang tahun Angel. Disitu Angel mencari kakaknya karena kakaknya tidak ada disampingnya. Mama juga menghampiri Angel dan mengajak Angel berbicara didepan kamar rumah sakit sebentar. Mama memberikan kado yang sudah disiapkan oleh Hendra sebelumnya, mama bilang dulu mungkin kamu pernah malu, kesal, dan capek mempunyai kaka seperti Hendra, tapi mau bagaimanapun Hendra adalah anak istimewa yang dititipkan dikeluarga kita, jadi kita harus meneruma dan menyayanginya, hati Hendra Hati kamu juga, kakak selalu ada didekat kita, dia nggak kemana-mana. Tangis Angel dan mama pecah akhirnya, Angel mengetahui bahwa yang mendonorkan hati untuknya adalah kakaknya semdiri yaitu Hendra, dan Hendrapun sudah meninggalkan mereka semua untuk selama-lamanya. Angel menyesal karena pernah jahat dan tidak mensyukuri keberadaan kakaknya. Pada akhirnya mereka harus mengikhlaskan semuanya, mereka ziarah ke makam Hendra.

Dari cerita ini biaa diambil hikmahnya bahwa kita harus menstukuri semua pemberian tuhan kepada kita, karena pasti ada hikmah dibalik semua yang diberikanNya. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu dengan orang tersayang, karena penyesalan datangnya belakangan, kalo didepan namanya pendaftaran.

Di akhir film ada kutipan dari Merry Riana "Tak ada manusia sempurna, namun dengan cinta ketidaksempurnaan itu pun menjadi indah"

Sekian terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan