Mohon tunggu...
Arif A.
Arif A. Mohon Tunggu... Blockchain Enthusiast

Hai teman-teman namaku Arif, kamu juga bisa memanggilku Arif. Saya memiliki beberapa pengalaman di berbagai industri dan banyak peran dengan menangani banyak pekerjaan, saya juga memiliki pengalaman kerja dengan Cross Function atau beda divisi. Saya sangat tertarik dengan teknologi Informasi dan saya juga memiliki pengalaman tentang sales dan marketing. Saya memiliki motivasi tinggi, konsisten, dan optimis dalam bekerja. Saat ini saya berfokus pada teknologi Blockhain, saya sangat senang berdiskusi dan berbagi tentang hal ini kepada siapa yang membutuhkan wawasan dalam teknologi Informasi, Sales dan marketing, Cryptocurrency, dan Blockchain khususnya Vexanium. #Anda dapat belajar lebih dalam soal blockchain di https://belajarblockchain.id dan https://defi.co.id

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pemanfaatan Blockchain untuk Sektor Kesehatan

22 April 2020   15:31 Diperbarui: 29 April 2020   09:40 518 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Blockchain untuk Sektor Kesehatan
blockchain-technology-in-healthcare-5ea0068f097f362df5668302.jpg


Di era teknologi sekarang ini dengan dukungan dari teknologi blockchain dapat membantu manusia melakukan efisiensi dan audit-trail yang jauh lebih baik, jika berbicara pada sektor kesehatan maka pemanfaatan teknologi blockchain akan sangat terasa pada saat menetukan pengeluaran saat ini, melindungi data pasien dan meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan secara keseluruhan. Teknologi ini sudah digunakan untuk melakukan segalanya mulai dari mengenkripsi data pasien dengan aman hingga mengelola wabah penyakit berbahaya. 

ilustrasi apa itu blockchain (vexanium.com)
ilustrasi apa itu blockchain (vexanium.com)
Di Indonesia hanya sedikit perusahaan Start-up di Indonesia yang mampu berada dalam tahap di mana mereka telah berhasil menerapkan dan memiliki blockchainnya secara mandiri, salah satunya adalah Vexanium yang telah mampu membuat berbagai macam project blockchain seperti project tracking supply chain pada sektor pertanian, dan kerja sama project sertifikasi dokumen menggunakan teknologi blockchain.
Saat ini terdapat satu negara besar yang memanfaatkan potensi blockchain pada sektor kesehatan adalah Estonia.

Estonia mulai menggunakan teknologi blockchain pada 2012 untuk mengamankan data perawatan kesehatan dan memproses transaksi. Sekarang semua tagihan kesehatan negara itu ditangani pada blockchain, 95% informasi kesehatan berbasis buku besar dan 99% dari semua informasi resep adalah digital, berikut adalah manfaat yang diperoleh dari penggunaan teknologi blockchain pada sektor kesehatan :

  • Data Pasien Yang Aman
  • Manajemen Rantai Pasokan Medis Dan Pelacakan Yang Lebih Baik Guna Memastikan Keamanan Obat
  • Records Medis Blockchain Bisa Bermanfaat Untuk Berbagi Kepedulian Dan Mencegah Kesalahan Biaya

     DATA PASIEN YANG AMAN 

Menjaga data medis penting kami aman dan aman adalah aplikasi perawatan kesehatan blockchain paling populer saat ini, yang tidak mengejutkan. Keamanan adalah masalah utama dalam industri perawatan kesehatan. Antara 2009 dan 2017, lebih dari 176 juta catatan pasien terekspos dalam pelanggaran data. Para pelaku mencuri kartu kredit dan informasi perbankan, serta catatan pengujian kesehatan dan genom.

Kemampuan Blockchain untuk menyimpan log semua data pasien yang tidak dapat rusak, terdesentralisasi dan transparan menjadikannya teknologi yang marak untuk aplikasi keamanan. Selain itu, walaupun blockchain bersifat transparan, itu juga bersifat pribadi, menyembunyikan identitas setiap individu dengan kode yang kompleks dan aman yang dapat melindungi sensitivitas data medis. Sifat terdesentralisasi dari teknologi ini juga memungkinkan pasien, dokter dan penyedia layanan kesehatan untuk berbagi informasi yang sama dengan cepat dan aman.

 Contoh perusahaan blockchain dalam layanan kesehatan yang berfokus pada “Data Pasien Yang Aman” :

1.) BURST IQ

burst-iq-5ea004ee097f3634b12d9c73.jpg
burst-iq-5ea004ee097f3634b12d9c73.jpg
Industri: Big Data, Keamanan Siber, Perangkat Lunak

Lokasi: Colorado Springs, Colorado

Apa yang mereka lakukan: Platform BurstIQ membantu perusahaan perawatan kesehatan dengan aman dan mengelola sejumlah besar data pasien. Teknologi blockchain ini memungkinkan pengamanan, penjualan, berbagi atau lisensi data dengan tetap menjaga kepatuhan terhadap aturan HIPAA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x