Mohon tunggu...
Arif A.
Arif A. Mohon Tunggu... Blockchain Enthusiast

Hai teman-teman namaku Arif, kamu juga bisa memanggilku Arif. Saya memiliki beberapa pengalaman di berbagai industri dan banyak peran dengan menangani banyak pekerjaan, saya juga memiliki pengalaman kerja dengan Cross Function atau beda divisi. Saya sangat tertarik dengan teknologi Informasi dan saya juga memiliki pengalaman tentang sales dan marketing. Saya memiliki motivasi tinggi, konsisten, dan optimis dalam bekerja. Saat ini saya berfokus pada teknologi Blockhain, saya sangat senang berdiskusi dan berbagi tentang hal ini kepada siapa yang membutuhkan wawasan dalam teknologi Informasi, Sales dan marketing, Cryptocurrency, dan Blockchain khususnya Vexanium.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pemanfaatan Blockchain untuk UMKM

26 Maret 2020   11:01 Diperbarui: 2 April 2020   11:07 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Blockchain untuk UMKM
ilustrasi Blockchain untuk UMKM

UMKM jelas merupakan sektor global yang sangat strategis dan dinamis di dunia perekonomian. UMKM tidak hanya memainkan fungsi fundamental yang signifikan dalam memberikan prospek pekerjaan yang besar dengan biaya modal yang cukup rendah daripada perusahaan besar bahkan karena membantu dalam industrialisasi daerah pelosok, pedesaan hingga daerah berkembang. Oleh karena itu UMKM dapat menurunkan ketidakseimbangan dalam negara dan membawa distribusi pendapatan dan kekayaan negara yang lebih masuk merata.

Apa itu Blockhain?

Menurut Artikel sebelumnya di kompasiana dengan Apa itu Blockchain , yang membahas blockchain untuk orang awam blockchain itu dasarnya adalah database yang terdistribusi dari berbagai komputer yang terdecentralisasi dan saling berkaitan membentuk rantai block

Sedangkan Menurut situs Belajar Blockchain Indonesia blockchain adalah rangkaian nodes atau komputer yang secara bersama sama digunakan untuk mencatat transaksi , Jadi, apa yang istimewa dari teknologi ini dan mengapa ada opini yang  mengatakan bahwa blockchain memiliki potensi untuk mengganggu industri?
Jaringan blockchain tidak memiliki otoritas pusat, ini adalah definisi utama dari sistem demokratisasi. Karena ini adalah catatan buku besar(elektronik database) yang dibagikan dan tidak berubah data didalamnya, informasi di dalamnya terbuka untuk siapa saja dan semua orang untuk melihatnya. Oleh karena itu, apa pun yang dibangun di blockchain pada dasarnya transparan dan semua orang yang terlibat bertanggung jawab atas tindakan mereka. Teknologi blockchain memiliki potensi untuk menghadirkan keuntungan besar bagi UMKM (UMKM), dengan membuka mereka ke prospek bisnis baru dan dengan memungkinkan mereka menghemat uang. UMKM dapat mengambil manfaat dari kerangka kerja dan meminimalisir dari gempuran para pemain besar. Berikut penjelasan Apa itu Blockchain. Mari lihat sekilas beberapa manfaat blockchain yang dapat diterapkan untuk UMKM :

1.) Blockchain Membuat Cluster Transparan dan Akselerator Pertumbuhan

Manfaat pertama yang dapat diperoleh UMKM dari blockchain adalah untuk meningkatkan bisnis mereka dengan menciptakan kelompok transparan di mana perusahaan dapat berbagi informasi yang mereka butuhkan untuk tumbuh; mengamankan transaksi, meningkatkan visibilitas mereka dan membangun loyalitas pelanggan dengan menggunakan arsitektur bersama dengan biaya lebih rendah.

Salah satu contoh adalah menggunakan blockchain Vexanium , anda bisa membuat alur data menjadi lebih transparant ini bisa dilihat dasarnya di artikel apa itu blockchain untuk orang awam sebelumnya di post kompasiana sebelumnya

2.) Data Marketplaces Dan Perlindungan

Data Marketplaces juga memanfaatkan blockchain yang secara khusus dapat menguntungkan UMKM sambil memperkenalkan penggunaan informasi pelanggan dengan hormat. Alih-alih harus mendapatkan daftar kontak yang mahal dan kadang-kadang tidak selaras, perusahaan dapat membagikan akses selektif ke data pelanggan mereka tanpa mengungkapkan identitas mereka (nama, alamat email, telepon) untuk memungkinkan sirkulasi penawaran yang ditargetkan berdasarkan fitur / minat / kebutuhan Demografis yang bagus, dll. Teknologi blockchain baik melindungi kerahasiaan identitas pelanggan dan dengan aman melacak keberhasilan tindakan pemasaran ini dan dampak mengganggu blockchain juga dapat dilihat ke arah perlindungan data yang lebih besar.

3. Blockchain Membantu UMKM Menciptakan Identitas Digital Dan Kredibilitas Bisnis 

Sederhananya, mengembangkan identitas digital tidak hanya memadai, ada properti eksplisit yang diperlukan untuk identitas digital untuk memuaskan potensinya dan meningkatkan efek sosialnya. Blockchain memiliki kapasitas untuk membuat ID digital yang kuat dan mengurangi ketergantungan ekstra dalam perantara, karenanya telah menciptakan identitas digital otonom yang sangat tidak berubah dan bahkan lebih aman daripada struktur identitas ortodoks dan mengubah penggunaan identitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN