Mohon tunggu...
Bledh
Bledh Mohon Tunggu... ____________

Pengkhayal LEPAS

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kalau Saya Sudah Klimaks, Kamu Mau Apa?

1 Januari 2021   23:28 Diperbarui: 1 Januari 2021   23:30 186 28 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Saya Sudah Klimaks, Kamu Mau Apa?
IMDb Klimaks (1965) - IMDb


Awas! Pikirannya jangan ngeres dulu. Awas jangan ngeras juga!

Ini sebenarnya tentang apa?

Baiklah kita mulai saja sebelum pembaca berpikiran macam-macam. Apalagi sampai parno. Jangan sampai kali!

Perjalanan menanjak suatu saat pasti akan sampai pada sebuah puncak. Ambil contoh kekuasaan. Puncak tertinggi kekuasaan dalam sebuah negara adalah Kepala Negara, presiden tentunya. Maka sangat mengherankan ketika ada mantan presiden yang kemudian berharap jadi gubernur atau jabatan di bawahnya.

Kalau misalnya ada menteri yang kemudian ingin jadi gubernur apakah termasuk lumrah. Karena menteri bukan jabatan kekuasaan, jadi tidak ada sangkut pautnya.

Demikian di pendidikan. Dimulai dari Paud, TK, SD, SMP, hingga perguruan tinggi doktor misalnya adalah puncak tertinggi dari sebuah jenjang pendidikan. Maka sangat lucu sang doktor masuk kuliah lagi dalam jurusan yang sama dengan program doktoral yang telah didapatkannya.

Beda kasusnya dengan istilah menuntut ilmu. Tak terbatas dengan jenjang pendidikan. Menuntut ilmu berlaku sepanjang usia, dari buaian hingga ke liang lahat. Artinya apa pun gelar yang telah diraih. Menuntut ilmu tetap dilakukan.

Menekuni sebuah pekerjaan juga merupakan jalan menanjak. Jenjang karir satu persatu seperti tangga dinaiki. Mulai dari jabatan terendah hingga ke jabatan tertinggi. Setelah sampai pada puncak tangga karir tersebut apa yang akan dilakukan. Jika masa pansiun tiba gampang, tinggal pansiun saja.

Kalau kemudian usia pansiun masih lama sementara puncak jenjang karir telah sampai dipuncaknya mungkinkah akan dipertahankan selamanya. Padahal batas waktu dari jabatan pada karir tersebut sudah ditentukan. Hingga akhirnya harus digantikan oleh yang lain.

Dalam hal menumpuk harta kekayaan, adalah batas klimaksnya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x