Mohon tunggu...
Arif MuktiRamadhan
Arif MuktiRamadhan Mohon Tunggu... Lainnya - Good future InsyaAllah

Semangat !

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Rahim Papua untuk Sepak Bola Indonesia Gemilang

30 Juli 2021   23:27 Diperbarui: 31 Juli 2021   00:25 76 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rahim Papua untuk Sepak Bola Indonesia Gemilang
Keindahan Papua, credits: phinemo.com

Sudah tidak dipungkiri negeri ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, kekayaan yang melimpah menjadikan Indonesia sebagai wilayah primadona rebutan bangsa lain. Kekayaan agraris dan maritim menjadi harta kekayaan tak terkira di Indonesia, garis pantai yang panjang, kekayaan sumber daya laut, hingga potensi geothermal panas bumi Indonesia yang menjadi harta bagi generasi Indonesia. Indonesia juga tersohor akan budaya dan bahasa yang kaya beraneka ragam. Mulai dari tari jaipong dari Jawa Barat, tari kecak dari Bali, hingga tari yospan dari tanah Papua yang menjadikan kekayaan budaya dari Indonesia timur menjadi kebanggaan negeri ini.

Indonesia timur lebih tepatnya tanah Papua menjadi kebanggaan Indonesia dalam segala aspek. Dari mulai pariwisata yang legendaris seperti raja ampat hingga masyarakat yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Dari mulai banyak atlet nasional yang lahir dari tanah Papua. Berhasil dan mampu membawa Indonesia menepuk dada di pentas nasional bahkan internasional sebut saja seperti Boas Salossa, Ortisan Salosa, Lisa Rumbewas,  hingga Serafi Anelies Unani.

Sepakbola dengan Indonesia menjadi hak yang tidak bisa dipisahkan. Hingga kini, tidak ada olahraga yang mendapatkan sambutan
paling meriah dan gegap gempita dari masyarakat di berbagai negara dunia selain sepak bola. Untuk itulah tidak sedikit analisa yang meyakini bahwa sepak bola bukan sekedar olahraga, namun sebuah olahraga yang menimbulkan perang, revolusi, dan menjadi perhatian mafia dan para diktator. Sepak bola modern kini berkembang dari masa ke masa. Banyak sekali aspek yang di pengaruhi atau mempengaruhi dalam proses berkembangnya olah raga ini diantarannya aspek sosial, ekonomi, politik.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki antusias yang tinggi terhadap olahraga sepak bola. Hampir
seluruh lapisan masyarakat menggemari olahraga ini. Terbukti dengan menjamurnya klub-klub sepak bola di berbagai daerah di Indonesia. Sepak bola merupakan olahraga yang diminati dan digemari banyak orang di berbagai belahan dunia. sepak bola juga  memiliki peran penting pada kehidupan.

Dalam bidang olahraga sepak bola, Papua seolah menjadi kekuatan sepak bola tersendiri bagi Indonesia bahkan atlet bertalenta dari Papua nampaknya tidak pernah absen menjadi primadona talenta muda nasional. Tidak heran memang, tanah kaya akan talenta ini seolah melahirkan talenta harapan sepakbola nasional, Boaz Salossa menjadi contoh. Masyarakat  harus yakin dan bangga bahwa pemuda asli Papua tersebut menjadi pemain yang bersinar yang bisa membawa Persipura juara di level nasional. Bahkan amanah kapten timnas Indonesia pernah diemban oleh Kaka Boas itu. 

Keceriaan anak Papua bermain sepakbola, credits : rhanifa
Keceriaan anak Papua bermain sepakbola, credits : rhanifa

Masyarakat Indonesia selalu berdecak kagum jika mendengar kaitan antara sepak bola dan Papua. Kedua hal tersebut seolah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat pecinta sepak bola di Indonesia. Kita sebagai masyarakat Indonesia yakin Indonesia tidak akan pernah kehabisan stok talenta potensial dari tanah Papua. 

Yang perlu menjadi perhatian lebih jauh oleh pemerintah yaitu pemerintah perlu terus menggali potensi sumber daya manusia yang unggul di bidang sepak bola ini dengan sungguh-sungguh, jangan sampai pemerintah luput dan abai dengan potensi luar biasa di tanah Papua. Jika kita analogikan talenta tanah Papua sama halnya dengan talenta sepakbola Brazil. 

Negeri samba selalu melahirkan potensi muda sepak bola dari masa ke masa, dari mulai Pele yang melegenda di sejarah sepakbola dunia, Ronaldinho dengan skill yang menawan, Robinho, Ronaldo yang identik dengan gaya unik rambutnya hingga yang teranyar mega bintang Neymar dengan ciri khas talenta muda penuh skill. Maka hal serupa tidak jauh berbeda dengan Papua. Dari dahulu atlet sepak bola gemilang seperti Adolf Kabo  sepak bola berlanjut ke mega bintang Boaz Salossa yang menjadi legenda timnas Indonesia dan Persipura hingga yang teranyar putra asli Papua yaitu Marinus Manewar adalah mutiara kelahiran tanah Papua.

Marinus manewar dan kebanggaannya pada Indonesia, credits : liputan6.com
Marinus manewar dan kebanggaannya pada Indonesia, credits : liputan6.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN