Mohon tunggu...
Arifin BeHa
Arifin BeHa Mohon Tunggu... Wartawan senior tinggal di Surabaya

Wartawan senior tinggal di Surabaya. Dan penulis buku.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Matahari Merekah di Atas Kabah

7 Juni 2019   11:11 Diperbarui: 7 Juni 2019   14:27 0 2 0 Mohon Tunggu...
Matahari Merekah di Atas Kabah
Jabal Rahmah diambil gambarnya pada hari Rabu (5/6/2019) - dokpri

Matahari memiliki gerakan semu. Pada tanggal 28 Mei 2019 dn 16 Juli 2019 matahari akan tepat berada di atas Kabah, Kota Mekkah. Terjadi tengah hari, di saat matahari merekah. Inilah waktu terbaik menyempurnakan arah kiblat. Tidak saja mudah, tetapi juga akurat.

Kiblat mengacu pada Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Lurusnya kiblat menjadi penyempurnaan ibadah. Kiblat ialah penjuru utama peribadatan umat Islam, terutama salat.

Tetapi harus dimaklumi bersama. Penyempurnaan arah kiblat itu tak berarti arah kiblat saat ini berubah. Dengan menggunakan bayangan matahari pada saat tertentu, arah kiblat lebih mudah dilakukan, namun lebih akurat hasilnya

Posisi Indonesia, secara umum berada di tenggara Mekkah. Jadi arah kiblatnya ke barat laut. Namun, arah pasti kiblat berbeda bagi tiap wilayah. Tergantung posisinya terhadap Kabah. Arah kiblat wilayah selatan Indonesia lebih miring ke barat laut dibandingkan dengan daerah utara Indonesia.

Setiap tahun, matahari tepat berada di atas Kabah, Mekkah. Dua kali, yakni 28 Mei pukul 12.18 dan 16 Juli pukul 12.27 waktu setempat. Di Indonesia kira-kira 16.27 WIB. Cara meluruskan arah kiblat, bisa memanfaatkan pengetahuan tentang posisi matahari saat persis di atas Kabah.

Jika tahun yang sedang berjalan adalah tahun kabisat, posisi matahari di atas Mekkah terjadi pada 27 Mei dan 15 Juli.

Tatkala matahari di atas Mekkah. Semua bayangan benda di bumi yang bertepatan siang hari menghadap ke Kabah. Arah bayangan ke arah barat laut itu jadi patokan arah kiblat. Jika menggunakan tongkat, arah kiblatnya adalah dari ujung bayangan ke arah tongkat.

Penyempurnaan arah kiblat saat matahari di atas Kabah hanya bisa dilakukan di daerah yang sedang mengalami siang hari. Tak bisa dilakukan di wilayah Indonesia timur, Pasifik Barat, dan Amerika. Karena kawasan itu sedang malam hari saat matahari di atas Kabah.

Lalu? Bagaimana caranya wilayah yang sedang malam hari, jika hendak menyesuaikan arah kiblat? Alhamdulillah, tetap bisa memakai bayangan matahari untuk meluruskan kiblat. Namun, waktunya berbeda, yaitu saat matahari ada di atas wilayah antipoda Mekkah.

Antipoda adalah dua wilayah yang posisinya saling berkebalikan pada bola Bumi. Jika Mekkah ada di belahan bumi utara dan bujur timur, maka antipodanya ada di belahan bumi selatan dan bujur barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN