Mohon tunggu...
Arif Gunawan
Arif Gunawan Mohon Tunggu... Guru - GURU KELAS SDN DARUSSALAM

Saya adalah guru kelas Sekolah Dasar yang saat ini mengajar di kelas atas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 3.3

5 Juni 2023   13:00 Diperbarui: 5 Juni 2023   13:10 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

Arif Gunawan, S.Si

CGP Angkatan 7 Kota Tangerang

SDN DARUSSALAM

 

KEGIATAN REFLEKTIF TENTANG PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Modul 3.3 Pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid merupakan modul terakhir dalam Pendidikan guru penggerak Angkatan 7. Dari paket modul 1 dan 2 sebelumnya, kita telah belajar bahwa murid harus menjadi dasar bagi semua pengambilan keputusan yang kita buat di sekolah. Melalui filosofi dan metafora "menumbuhkan padi", Ki Hajar Dewantara mengingatkan kita bahwa dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid, kita harus secara sadar dan terencana membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran murid sehingga mampu memekarkan mereka sesuai dengan kodratnya. Dengan demikian, saat kita merancang sebuah program/kegiatan pembelajaran di sekolah, baik itu intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler, maka murid juga seharusnya menjadi pertimbangan utama. Berikut adalah reflektif saya terhadap program yang berdampak pada murid yang dibahas pada modul 3.3

  • Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 3.3 Pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid, saya mendapatkan banyak hal menarik dan memberi kesan tersendiri pada diri saya, dari modul ini semakin membuat saya menyakini, bahwa program yang di jalankan sekolah harus melibatkan dan memperhatikan suara atau pendapat para murid. Karena pada dasarnya murid memiliki potensi yang dapat digali dengan menampung ide dan gagasan kreatif yang keluar dari suara mereka, Dengan adanya ide dan gagasan tersebut kita dapat mengembangkan aset atau modal yang dimiliki sekolah dalam membuat program-program yang berdampak bagi murid. Sebelum mempelajari modul 3.3, program-program sekolah biasanya hanya dibuat oleh kelompok guru dan kepala sekolah melibatkan stakeholder dan jarang meminta masukan atau suara dari murid itu sendiri dengan adanya modul 3.3 saya belajar untuk mengakomodasi suara murid dalam menyusun program-program sekolah, maka setelah mempelajari modul ini juga saya  berusaha mendengar suara anak untuk dipilih dan dipublikasikan untuk menjadi program kepemilikannya.

  • Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?

Pada modul 3.3 tentang pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid ini, Kita semua tentu sepakat bahwa murid-murid kita dapat melakukan lebih dari sekedar menerima instruksi dari guru. Mereka secara alami adalah seorang pengamat, penjelajah, penanya, yang memiliki rasa ingin tahu atau minat terhadap berbagai hal. Lewat rasa ingin tahu serta interaksi dan pengalaman mereka dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya, mereka kemudian membangun sendiri pemahaman tentang diri mereka, orang lain, lingkungan sekitar, maupun dunia yang lebih luas. Dengan kata lain, murid-murid   sebenarnya memiliki kemampuan atau kapasitas untuk mengambil bagian atau peranan dalam proses belajar mereka sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun