Mohon tunggu...
Arif Alfi Syahri
Arif Alfi Syahri Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

"Hanya Mahasiswa biasa yang mencoba untuk berkarya." •Jurusan : PAI, STAI-PIQ Sumatera Barat •Instagram : @muhammadarifalfisyahri •Email : arifalfisyahri94@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membaca untuk Mengenal Dunia, Menulis untuk Mengenal Diri Sendiri

2 Oktober 2023   20:54 Diperbarui: 2 Oktober 2023   21:05 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 1. Membacalah untuk Mengenal Dunia

Membaca adalah pintu gerbang yang membawa kita ke dalam berbagai dunia yang berbeda. Setiap kali kita membuka buku atau artikel, kita menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, berbicara dengan orang-orang yang belum pernah kita temui, dan mendalami konsep-konsep yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya. 

Buku-buku adalah kendaraan yang membawa kita ke masa lalu, masa kini, dan masa depan. Melalui bacaan itu pula kita bisa belajar dari sejarah, memahami kompleksitas masyarakat, dan merasakan berbagai emosi dan pengalaman manusia.

Membaca juga meningkatkan daya kritis kita. Kita belajar untuk menganalisis informasi, menyusun argumen, dan berpikir secara kritis tentang berbagai topik. Hal ini membuat pemahaman kita lebih luas dan mendalam tentang dunia.

2. Menulislah untuk Mengenal Diri Sendiri

Jika membaca menghubungkan kita dengan dunia, menulis adalah cara untuk mengenal diri sendiri. Ketika kita menulis, kita memaksa pikiran-pikiran kita untuk merajut kata-kata menjadi tulisan yang indah. Dengan menulis kita bisa menuangkan pemikiran-pemikiran kita dengan lebih dalam, bahkan mengeksplorasi perasaan-perasaan yang mungkin tersembunyi.

Kita dapat menuangkan ide-ide kita, impian, kegembiraan, dan kesedihan ke dalam kata-kata. Melalui tulisan, kita bisa menjadi lebih sadar akan siapa kita sebenarnya dan apa yang kita inginkan dalam hidup. Dengan demikian kita bisa meresapi pengalaman kita sendiri dan memahami bagaimana kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Membaca dan menulis adalah dua kegiatan yang saling melengkapi. Membaca memungkinkan kita untuk mengenal dunia dengan lebih baik, sementara menulis membantu kita mengenal diri sendiri. Keduanya adalah alat yang kuat untuk pertumbuhan intelektual dan pribadi. 

Jadi, jika engkau ingin mengenal dunia dengan lebih baik, bukalah buku-buku dan artikel-artikel yang bermacam-macam. Dan jika engkau ingin mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik, ambillah waktu untuk menulis tentang pemikiran, perasaan, dan pengalaman pribadimu. Melalui gabungan dua kegiatan ini, engkau akan dapat menjelajahi dunia luar dan dunia dalam dengan lebih dalam dan berarti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun