Mohon tunggu...
arif priyono
arif priyono Mohon Tunggu... Lainnya - pegawai negeri sipil

saya berusaha menjadi orang yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Konsistensi dan Tiru Meniru

20 November 2023   10:38 Diperbarui: 20 November 2023   11:48 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Salam sehat

Menjaga konsistensi memang tidak mudah, terakhir saya nulis artikel sebelas hari lalu perihal mengatasi perasaan "terlalu muda atau terlalu tua", saya niatnya setiap hari menulis artikel, tapi ternyata agenda-agenda lain akhirnya saya baru sekarang nulis artikel lagi.

Kali ini, saya nulis hal konsistensi yang ternyata saya sendiri tidak bisa konsisten berbagi tulisan setiap hari, tapi ternyata belum bisa konsisten.

Lalu ada hal lain yang selama sebelas hari ini saya amati di sekitar, ternyata orang-orang ini sudah terbiasa membenarkan yang sudah biasa tapi tidak membiasakan yang benar. Ambil contoh simpel dalam hal ketaatan pada aturan lalu lintas, pengamatan saya di jalan-jalan apalagi di jakarta, semakin banyak pengendara motor bahkan mobil yang melanggar aturan lalu lintas seperti melawan arus dan putarbalik pada tanda larangan putar balik. Ketika ada salah satu pengendara yang mengawali melanggar aturan lalin, lalu diikuti oleh pengendara lainnya. Terus berulang setiap hari, terpola oleh banyak pengendara. Diperparah dengan petugas polisi yang tidak banyak berjaga dan menindak pelanggar. 

Pengendara lalulintas yang taat aturan terkesan semakin sedikit dan minoritas dibanding dengan pelanggar, begitulah kenyataan yang terjadi di negeri ini. Hanya bisa berharap bahwa pengendara yang taat aturan tetap konsisten untuk membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa.

Kesimpulannya memang tidak mudah menjalani konsistensi dan membiasakan yang benar dalam penerapan sehari-hari.

Semoga tulisan saya bermanfaat, salam sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun