Mohon tunggu...
Kesehatan

Hidup Bersih dan Sehat yang Dimulai Sejak Dini

4 Juli 2018   12:59 Diperbarui: 10 Juli 2018   03:38 938 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Bersih dan Sehat yang Dimulai Sejak Dini
img-20180607-080454-5b43c70ccaf7db246775fa64.jpg

Hidup sehat merupakan suatu pola yang harus ditanamkan kepada setiap individu yang dimulai sejak dini. Banyak masyarakat sering mengabaikan pola hidup mereka. Oleh karena itu, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang sedang melakukan KKN pada desa Sumbermanjing Wetan tepatnya pada dusun Tlogosari membantu menanamkan bagaimana pola hidup sehat dengan sasaran anak-anak.

Tepatnya pada kamis 7 juni 2018, para mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang melakuan sosialisasi penanaman pola hidup sehat pada para siswa-siswi di SD Sumbermanjing Wetan 2. Dimana kegiatan tersebut meliputi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, sosialisasi mengenai aneka jajanan sehat. Dari sosialisasi ini diharapkan anak-anak mengenal pola hidup sehat sejak kecil dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mensosialisasikan tata cara mencuci tangan yang baik, diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan mencuci tangan mereka terlebih dahulu sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas. Dengan begitu, hidup sehat akan dimulai sejak kecil, dimana anak-anak dapat mengingat dan melaksanakan pola hidup sehat dimulai sejak dini. Selain itu, anak kecil cenderung tidak memperhatikan bagaimana jajanan yang sehat dan yang tidak sehat, yang boleh dimakan dan yang harus dihindari. 

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mensosialisasikan mengenai makanan ataupun jajanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi dan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Agar anak-anak tidak sembarangan dalam memilih makanan ataupun jajanan.

Setelah mensosialisasikan mengenai makanan yang sehat, mahasiswa KKN universitas Negeri Malang juga mensosialisasikan bagaimana mengolah sampah dengan benar. Tujuannya adalah agar sampah dari makanan yang ada tidak merusak alam dan dapat bermanfaat. Diamana pengolahan sampah sangat diperlukan. Dengan ini pengolahan sampah dapat berguna untuk melindungi lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi kesehatan.

Dari rangkaian sosialisasi yang dilakukan, dimulai dari mencuci tangan sebelum makan ataupun tatacara mencuci tangan yang baik, dan memilih makanan yang baik dan sehat agar tidak mudah terserang penyakit sampai pengolahan sampah dari makanan yang ada merupakan siklus dari hidup sehat yang dapat diterapkan sehari-hari. 

Dengan mengambil anak-anak sebagai sasaran sosialisasi ini diharapkan mereka dapa melaukuan perilaku hidup sehat dimulai sejak dini dan diharapkan perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan yang akan mereka lakukan setiap hari. Dengan begini, perilaku hidup sehat akan menjadi rutinitas yang dapat ditularkan ke sesama teman, keluarga ataupun saudara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x