Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kisah Toleransi yang Kurasakan Saat Natal 2021

26 Desember 2021   09:50 Diperbarui: 27 Desember 2021   19:05 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Lihat FotoTHINKSTOCKS/ANNASUNNY Via Kompas.com

Selamat merasakan damai dan kasih Natal 2021 bagi semua rekan yang merayakan Natal. Salam toleransi dari saya untuk semua pembaca. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk rekan-rekan yang sudah berkenan memberi ucapan Selamat Hari Natal untuk saya dan keluarga.

I really appreciate it. Thank you very much.

Saya ingin menceritakan kisah Natal yang saya rasakan dalam indahnya toleransi di antara sahabat penulis, para rekan alumni SMA Negeri, dan rekan-rekan lain yang saya kenal.

Mendapat ucapan selamat dari para sahabat, keluarga, kerabat yang kenal kita dan sama kepercayaannya dengan saya memang terasa indah, menyenangkan dan terasa hangat. But, it is a generous thing. Everyone can do it. Hal yang umum dan biasa. Ini bisa dilakukan semua orang.

Bagaimana dengan ucapan selamat Natal dari kenalan yang tidak seiman dengan saya? It is awesome. Sangat berarti dan memberikan saya pengertian dan pemahaman akan makna toleransi.

Saya mendapatkan ucapan selamat natal dari dua kenalan saya yang Muslim dan lama tak bersua. Saya pernah mengajar anak-anak mereka di suatu sekolah umum. Saya senang kalau masih diingat dan nomor saya masih disimpan.

Sudah lebih dari 6 tahun berpisah dengan mereka karena saya pindah ke kota lain dan sekarang mengajar di sekolah Kristen. Rasanya bahagia sekali mendapatkan ucapan selamat hari Natal dari mereka berdua.

Bukan hanya itu, dari keluarga besar yang berbeda iman, saya juga mendapat pesan manis ucapan Selamat Hari Natal. Ini sangat berarti buat saya. Setidaknya ada bukti nyata penerimaan dari kerabat yang berbeda iman dengan saya.

Mungkin saya sangat sensitif ya melihat hal ini. Saya hanya merasa bahagia dan menuliskannya sebagai salah satu kisah natal 2021. Biar ini menjadi kenangan manis yang terbaca lagi di suatu masa yang akan datang.

Saya juga mau menceritakan tentang teman-teman alumni SMA N 1 Purwokerto. Waktu kami masih tergabung di kelas 2 bersama-sama, dengan aneka ragam keyakinan iman, namun persahabatan tetap terjaga.

Setelah lebih dari 10 tahun atau mungkin ada 20 tahunan tidak bertemu, ucapan Selamat Hari Natal dari mereka masih mengalir tiap tahun. Saya sungguh sangat bahagia. Sungguh benar-benar Magic Class. Begitu kami menamai group perpesanan di mana kami tergabung bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun