Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mulai menulis di Kompasiana pada 1 Desember 2018. Sebentar lagi memasuki perayaan tahun ketiga saya di sini tepatnya pada 1 Desember 2021. Semoga bisa mencapai 2.000 karya tulisan di Kompasiana tahun ini. Sekarang sudah mencapai lebih 1.830 tulisan, sampai 10 November 2021, berarti masih kurang sekitar 170 tulisan. Doakan bisa mencapainya ya, para sahabat kompasianer dan pembaca sekalian. Terima kasih untuk doa dan dukungannya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hydrogel Pilihan Alternatif Media Tanam Ramah Lingkungan

26 September 2021   10:14 Diperbarui: 26 September 2021   21:46 248 31 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berawal dari rasa ingin tahu dan penasaran berat, saya mencoba juga media tanam baru berupa hydrogel. Bukan barang baru di dunia tanam-menanam ini. Media hydrogel juga sudah banyak digunakan. Saya baru akan mencobanya.

Saya perkenalkan lebih dahulu apa itu Hydrogel ya. Hydrogel atau hidrogel berasal dari kata hydro yang artinya air. Gelnya dapat menyerap dan menyimpan air berkali lipat dari berat asalnya. 

Hidrogel  digunakan sebagai alternatif media tanam karan kemampuannya dalam menyerap air dan nutrisi untuk tanaman. Lalu hidrogel melepaskannya secara perlahan sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut.

Hidrogel yang mengembang dalam sebuah gelas setelah direndam. Dokpri.
Hidrogel yang mengembang dalam sebuah gelas setelah direndam. Dokpri.

Saya mencoba pula menggunakan hidrogel pada hari Sabtu kemarin. Gel yang masih kering saya rendam dalam air dan didiamkan beberapa jam. Kemudian gel tersebut mengembang karena menyerap air dan membentuk bulatan-bulatan kecil lunak yang siap dijadikan media tanam.

Ini dia hidrogel yang masih kering. Gambarnya saya dapatkan dari sebuah toko pertanian. 

Sumber foto dokpri Ristanti
Sumber foto dokpri Ristanti

Hidrogel ini saya gunakan untuk mencoba menanam Sansivera. Para pembaca pasti tahu ya tanaman Sansivera ini. Tanaman yang banyak dibudidayakan dan ditanam sebagai penyerap polutan. 

Sansivera juga bisa ditanam dengan media air untuk hiasan di dalam ruangan. Tanaman hias yang sekaligus berfungsi membersihkan udara di dalam ruangan. Ini dia hidrogel yang ditanami Sansivera koleksi saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan