Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tebarkan Wangi Kebaikan, Sebuah Sajian Iklan yang Berkesan Selama Bulan Ramadan

6 Mei 2020   13:04 Diperbarui: 6 Mei 2020   13:14 904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Screen Shot HP iklan Lifebouy edisi Ramadan 2020 di youtube

Mistery Topic 1 bertemakan iklan yang berkesan selama bulan Ramadan. Ini sebuah tantangan tersendiri bagi saya. Jujur, jarang sekali saya lihat iklan. Kalau lihat televisi bersama keluarga, iklan datang chanel TV akan berganti. Sebisa mungkin tidak lihat iklan. Walaupun terkadang lihat juga tanpa sengaja jika iklan sedang ada di putar bersamaan di chanel TV. 

Intinya saya tidak terlalu memperhatikan hadirnya iklan di televisi. Hanya sepintas lalu saja saya lihat. Karena itu ada kesulitan tersendiri bagi saya menuliskan topik ini. Tapi, selama bisa diusahakan, mengapa tidak? 

Saya pun mencari di youtube iklan edisi Ramadan tahun 2020 yang menarik. Tak terasa ada satu iklan yang saya lihat dan membuat saya menitikkan air mata. Ini bisa Anda nikmati di link berikut untuk lengkapnya.


Awalnya, saya mengira anak kecil ini, tokoh utama dalam iklan sedang bergumul tentang buka puasa di tengah hari, sebelum jam bedhug Maghrib berbunyi. Mungkin ini pergumulan khusus kebanyakan anak kecil yang mencoba mulai berpuasa sampai sore. 

Namun saya salah sangka. Iklan ini menggiring penontonnya untuk memikirkan sama seperti saya. Ketika anak ini terus menggumam dan seperti monolog dengan diri sendiri. " Buka. Nggak." sebuah tanya yang menunjukkan pergumulan berat ya. 

Bahkan ada dua tenannya di sekolah yang mengolok-ngolok dia. Dan mengira dia tidak puasa karena ingin buka. Anak ino diam saja. Seorang bapak yang bekerja sebagai tukang sapu di sekolah menolong dia. Menyuruh dua teman yang mengolok-olok pergi.

Hal menarik lainnya adalah pak Dirman, nama tukang sapu ini mengenakan sepatu yang sudah rusak parah. Dan anak kecil ini terus menggumamkan kata antara mau buka atau tidak sambil melihat ke arah sepatu pak Dirman. Akhirnya saat sore tiba dan dia mandi, dia merasakan wanginya sabun cair Lifebuoy Kasturi Musk.

Keharumannya seolah memberi inspirasi pada anak ini untuk segera memutuskan. Iya. Dia akhirnya memutuskan untuk buka. Dan minta ijin mamanya. Ternyata mamanya tersenyum sambil menanyakan. "Yakin mau buka?"

Dengan penuh keyakinan anak ini menuju toples/botol kecil seperti tempat selai yang tertutup. Kemudian sambil minta maaf karena ia memutuskan buka sekarang. Memang bedhug Maghrib belum berbunyi karena jam dinding dalam iklan menunjukkan belum pukul 4 sore. Dan ternyata, yang dibuka anak kecil ini bukanlah toples makanan.

Anak ini membuka toples kecil berisi uang tabungannya. Lalu dengan bantuan orang tuanya, anak ini pun membelikan sepatu baru untuk pak Dirman. Tukang sapu di sekolah yang ternyata sepatunya rusak parah. Lalu dengan tulisan sederhana di atas kardus sepatu, "Cuma pak Dirman yang boleh buka". 

Diam-diam anak kecil ini mengamati dan melihat pak Dirman buka kotak itu, lalu bersyukur karena mendapatkan sepatu baru. Orang tua anak kecil ini tersenyum bangga. Iklan diakhiri dengan kalimat menarik, sebuah ajakan untuk: Bagikan wangi kebaikan di bulan suci ini dengan Lifebuoy Kasturi Musk.

Sumber foto: iklan Lifebuoy di youtube edisi Ramadan 2020
Sumber foto: iklan Lifebuoy di youtube edisi Ramadan 2020

Hal menarik dan inspiratif lain dari iklan ini adalah ketulusan hati seorang anak saat memberi tanpa menginginkan balasan atau pujian dari orang lain. Anak kecil ini memberi dari tabungannya sendiri, orang tua ingin agar anaknya memutuskan sendiri. Karena uang dalam celengan toples itu milik anak. Anak berhak menggunakannya.

Kebanyakan anak kecil menabung untuk membeli barang-barang yang mereka sukai. Seperti aneka mainan kesukaan dan lain-lain. Namun anak ini memilih berbagi kebaikan dengan memberi kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Memberikan dengan sembunyi-sembunyi, tidak saat keramaian agar dilihat banyak orang. 

Anak ini mencontohkan memberi dengan tulus dan tidak meminta pujian dan balasan. Tuhan yang melihat setiap kebaikan kita, terutama yang kita berikan pada orang lain yang membutuhkan dan tidak bisa membalasnya. Orang tua sebagai orang dewasa mendampingi dan menyetujui tindakan kebaikan anak-anak.

Sosok pak Dirman yang baik hati ini juga perlu dicontoh. Dalam kesederhanaannya, pak Dirman juga peduli pada anak-anak. Mengolok-olok teman itu dilarang, jadi pak Dirman menyuruh teman-teman yang mengolok-olok untuk berhenti dan pergi.

Sebuah iklan yang menginspirasi dan berkesan untuk saya pribadi. Mari kita tebarkan kebaikan tidak hanya di bulan Ramadan ini namun di sepanjang masa kehidupan kita. Anda mau?

Salam inspiratif

...

Written by Ari Budiyanti

6 Mei 2020

Artikel ke 9 samber thr hari 10

Mistery Topic 1

#SamberTHRHari10

#SamberTHR

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun