Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar di Rumah, Siapa Takut? Yuk Buat "Flash Card" Bahasa Inggris Sendiri! (Tema Hewan dan Bunga)

26 April 2020   12:18 Diperbarui: 26 April 2020   15:41 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belajar di rumah bersama orang tua harus dilakukan dan sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Bagaimana mengisi sisa waktu yang ada saat di rumah? Jika tugas-tugas sudah dikerjakan semua dan masih banyak waktu luang, lalu selanjutnya mengerjakan apa ya? 

Ini ada satu alternatif aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak. Atau jika anak-anak Anda sudah dewasa, bisa dilakukan sendiri oleh mereka. Membuat flash card.

Flashcard adalah kartu-kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata. Flash card ini diperkenalkan oleh Glenn Doman, seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia, Pennsylvania. (Sumber Jojotoys).

Saya pernah membuat beberapa flashcard beberapa tahun lalu. Caranya mudah sekali. Semua foto yang saya hasilkan tinggal digabungkan dengan kata-kata keterangan mengenai gambar. 

Saya membuat flascard tentang definisi beberapa kosakata dalam bahasa Inggris (vocabularies). Sumber foto semua dari hasil jepretan saya. Sementara definisi foto saya ambil dari Webster's Unabridged Dictionary.

Beberapa tema flashcard yang saya buat adalah:

1. Animal / Hewan

Kupu-kupu. Photo by Ari
Kupu-kupu. Photo by Ari
Kupu-kupu cantik ini hinggap di bunga Euphorbia/Brunai. Saya tuliskan nama Kupu-kupu tersebut dalam bahasa Inggris, butterfly dan satu definisi tentang kupu-kupu.
Belalang. Photo by Ari
Belalang. Photo by Ari
Foto berikut adalah belalang. Dalam bahasa Inggris disebut grasshopper. Selanjutnya saya tuliskan definisinya dalam bahasa Inggris pula. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan menulis dan membaca dalam bahasa Inggris.
Laba-laba. Photo by Ari
Laba-laba. Photo by Ari
Foto berikutnya adalah laba-laba. Hewan ini banyak yang mengira termasuk serangga. Ternyata bukan golongan serangga. Serangga mempunyai 6 kaki. Sedangkan laba-laba ada delapan kaki. Definisinya tercantum di bagian samping gambar.

Kucing di halaman depan rumah. Photo by Ari
Kucing di halaman depan rumah. Photo by Ari
Hewan berikutnya adalah kucing. Kami tidak memelihara kucing di rumah. Kucing-kucing liar suka berdatangan dan singgah di halaman depan rumah. Mungkin karena suasana sejuk banyak tanaman, kucing-kucing ini betah. 

2. Tema Tumbuhan Bunga/Flower

Tema berikutnya yang saya ambil adalah tumbuhan. Saya memang penggemar bunga, jadi koleksi foto bunga saya banyak. Beberapa di antaranya saya jadikan flash card.

Bunga. Photo by Ari
Bunga. Photo by Ari
Bunga cantik ini sebagai wakil keindahan bunga-bunga lainnya. Maka saya mengambil definisi dari bunga menggunakan gambar di atas. Sementara beberapa bunga lainnya saya sebutkan nama bunganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun