Mohon tunggu...
Aria Sugiarti
Aria Sugiarti Mohon Tunggu... Ria

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030002

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Menikah Itu Butuh Kesiapan Bukan karena Kesepian

23 Juni 2021   23:26 Diperbarui: 24 Juni 2021   01:06 124 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikah Itu Butuh Kesiapan Bukan karena Kesepian
Voaindonesia.com

Cuma karena teman yang seumuran udah punya gandengan semua, sering nggak sih ditanya kapan nikah. Apalagi pas datang ke acara pernikahan temen pasti sering banget ditanya kapan nyusul. 

Kesel bangetkan ya kalau udah ditanya kayak gitu. Padahal pernikahan itu butuh kesiapan yang benar-benar matang. Pernikahan bukanlah ajang perlombaan. Pernikahan merupakan salah satu momen bersejarah dalam kehidupan. 

Untuk itu, diperlukan kesiapan, baik kesiapan mental maupun kesiapan yang lainnya.


Ini nih beberapa hal yang perlu kamu tau sebelum kamu memutuskan untuk menikah!

1. Kesiapan Mental dan Pikiran
Pernikahan itu isinya orang dewasa dengan orang dewasa. Orang dewasa adalah orang yang mampu mengalahkan diri sendiri diatas keadaan yang sulit. 

Dalam sebuah pernikahan dibutuhkan kesiapan mental dan pikiran karena akan ada banyak hal yang akan dilalui dan dihadapi. Untuk itu, pernikahan itu butuh belajar, belajar, dan belajar. 

Sebab jika kita tidak belajar tentang pernikahan biasanya yang dimenangin egonya lebih dulu, tidak peduli mana yang benar dan mana yang salah, mana yang perlu dilakukan dan mana yang nggak perlu dilakukan. 

Sebelum memutuskan untuk menikah lebih baik pastikan dulu mental dan pikiran kalian sudah siap atau belum.


2. Komitmen
Jika sudah memutuskan untuk menikah pastinya harus siap untuk berkomitmen. Karena jika sudah menikah pastinya akan banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari kehadiran seorang anak, pasangan yang mulai menua, dan lain-lain. 

Dalam pernikahan komitmen itu dalam waktu yang sangat panjang bukan hanya dalam hitungan menit saja.

Membangun bahtera rumah tangga itu ibarat menerbangkan pesawat. Jika sudah lepas landas tidak mungkin dalam kecepatan tinggi tiba-tiba putar balik, karena akan membahayakan semua orang, baik orang yang derada dalam pesawat maupun di luar pesawat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN