Mohon tunggu...
Aria Judhistira
Aria Judhistira Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar SMA Kolese Kanisius Jakarta

jaya jaya jaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Data Scientist, Pemegang Masa Depan Dunia

10 November 2022   22:30 Diperbarui: 10 November 2022   22:43 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Era globalisasi memberikan ruang yang luas bagi umat seluruh dunia untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi melalui internet. Selain itu, kehidupan manusia juga dipermudahkan melalui kecanggihan teknologi yang setiap hari semakin maju.

Luasnya internet menjadi media bagi manusia untuk berkreasi dan menjelajahi segala keunikan dan pengetahuan yang tertera di dalamnya. Aplikasi browser seperti Google dan Safari memberikan aksesibilitas yang besar untuk berkarya dan memperoleh informasi mengenai apapun. 

Namun, di belakang kemudahan dan kenikmatan para pengguna internet, muncullah berderet-deret data yang jumlahnya tampak tak terhingga. Data ini dapat berupa angka yang membentuk suatu statistik yang menunjukkan pola penggunaan internet. Data yang diperoleh umumnya berasal dari penggunaan dan aktivitas para pengguna internet, seperti website apa yang mereka kunjungi dan apa yang mereka cari di kolom pencarian.

Di dalam pengolahan data ini, dibutuhkan suatu pengelola yang andal. Pengelola ini dicerminkan dalam profesi Data Scientist atau Ilmuwan Data. Para data scientist inilah yang bertanggung jawab untuk mengolah data yang diterima sehingga dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan yang mengelola suatu aktivitas internet yang berbasis data.

Apa itu seorang Data Scientist?

Sederhananya, data scientist merupakan sebuah profesi yang bekerja seputar data. Profesi ini membutuhkan penggabungan ilmu komputer, statistik, dan matematika. Seorang data scientist memiliki tanggung jawab untuk mengolah data mentah yang diterima pada suatu database menjadi data yang 'matang' atau mudah dimengerti.

Ibaratnya seperti seorang koki yang mempersiapkan masakannya. Mereka mengambil bahan-bahan makanan, kemudian mereka memotongnya, merebusnya, menggorengnya dan lainnya sehingga bisa menjadi makanan yang enak. Sebelum memberikannya kepada pelanggan, mereka menyusun makanan tersebut pada piring dan menghiasinya sehingga tampak lezat.

Sama seperti seorang data scientist. Mereka menerima data yang masih mentah, kemudian mereka mengolahnya sedemikian rupa sehingga menjadi data yang bisa dimengerti. Terakhir, mereka menyusun data-data tersebut sehingga dapat dipresentasikan kepada perusahaan agar perusahaan dapat melakukan decision making yang lebih bijak.

Kemampuan-Kemampuan Seorang Data Scientist

Sebagai seseorang yang memiliki peranan penting di dalam suatu perusahaan, seorang data scientist membutuhkan banyak kemampuan-kemampuan khusus agar dapat bekerja dengan baik. Kemampuan-kemampuan ini dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, yakni kemampuan di bidang matematika, kemampuan di bidang komputer, dan kemampuan berkomunikasi.

Kemampuan bidang matematika yang dimaksud meliputi pemahaman mengenai data dan statistika. Hal ini  guna untuk memahami data yang diolah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun