A. LATAR BELAKANGÂ
Berbicara adalah salah satu aspek berbahasa yang membantu siswa untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan berbicara, siswa dapat menceritakan segala sesuatu yang mereka pikirkan.Â
Tujuan mengajarkan berbicara didalam pelajaran bahasa akan mendorong semangat berkomunikasi dan menggerakkan kecakapan berbicara di dalam dan di luar kelas.
Namun pada kenyataan nya di sekolah dimana tempat saya mengajar terdapat beberapa peserta didik yang memiliki motivasi dan pemahaman yang rendah dalam pembelajaran Bahasa inggris,ini terlihat dari kemampuan speaking skills siswa yang masih rendah pada percakapan transaksional dan interpersonal khusus nya pada materi self introduction.
Setelah melakukan analisis identifikasi masalah,ada beberapa faktor penyebab rendah nya kemampuan peserta didik dalam keterampilan berbicara dalam bahasa inggris diantaranya adalah pertama,
Guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran  bahasa inggris.
Kedua Guru jarang menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik.Ketiga,Guru jarang melibatkan siswa secara aktif saat pembelajaran sedang berlangsung.
Mengapa Praktek ini penting untuk dibagikan
Setelah mengetahui faktor penyebab masalah ada beberapa strategi  yang coba diterapkan, yaitu melakukan Praktik pembelajaran inovatif dengan menggunakan media pembelajaran video youtube dan PPT, serta dengan model pembelajaran Problem BasedÂ
Learning,ini sangat penting untuk dibagikan dalam upaya perbaikan proses pembelajaran dikelas,sebab model pembelajaran PBL ini merupakan model student oriented sehingga melibatkan siswa untuk dapat berdiskusi secara aktif dalam pemecahan masalah Dan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.
Model PBL ditambah dengan media pembelajaran inovatif ini, juga membantu siswa mengembangkan pengetahuannya dan merangsang keaktifan siswa untuk belajar secara berkelanjutan.Memotivasi guru lain untuk berbuat yang terbaik bagi para siswa.