Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Buruh - Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Touring Malang-Banyuwangi di Usia Senja

14 November 2021   09:10 Diperbarui: 14 November 2021   19:40 811 31 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rasa bosan selalu dimiliki siapa pun. Bosan keluyuran. Bosan rebahan. Bosan jalan-jalan. Bosan gowes. Asal bukan bosan hidup. Bagaimana pun keadaannya hidup harus dinikmati.

Mendapat undangan kerabat menghadiri sebuah acara budaya di Banyuwangi, kami berdua pun tertantang berangkat bergaya rider desa bersepeda motor sejauh 289 km. Tidak terlalu jauh dan menantang tetapi unik. Berangkat 21 September 2021 jam 10 pagi.

Jalur yang kami tempuh merupakan jalur tengah yang baru dikenal secara umum sekitar tujuh tahun yang lalu walau pun sebenarnya sudah ada sejak sekitar seabad yang lalu. Khususnya Malang-Lumajang melewati bibir kaldera Bromo sejauh 9 km dan lereng utara dan timur Gunung Semeru sejauh 30 km.

Jalur tengah ini saya sebut 'baru dikenal secara umum' karena baru beberapa bulan lalu masuk dalam google map. Biasanya jika mengetik di google map dari Malang-Banyuwangi selalu ditampilkan jalur utara lewat Pasuruan, Probolinggo, dan Jember. Jalur ini cukup jauh dan panas. Atau jalur selatan lewat Dampit, Lumajang, dan Jember.

Keunikan jalur tengah adalah menembus belantara Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sejauh 39 km. Jalur pertama Gubuk Klakah, Malang -- Jemplang, Malang sejauh 13 km sekalipun melewati belantara dengan tanjakan bisa mencapai 45 derajat tetapi prasarana sudah sangat mumpuni. Lebar jalan 6 m dengan aspal halus lengkap dengan marka, rambu, dan penerangan pada beberapa titik.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Jalur kedua, dari Jemplang, Malang hingga Ranu Pani, Lumajang sejauh 8 km merupakan jalur indah dan menantang karena berada tepat di bibir kaldera Bromo dengan jurang sedalam antara 100-400 m. Pada beberapa titik jarak dengan jurang hanya 1 m saja! Lebar jalan antara 3-5 m dengan struktur beton dilapisi aspal namun di beberapa titik mulai terkelupas. Perlu kehati-hatian saat melewati jalur ini jika berpapasan dengan kendaraan dari depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan