Mohon tunggu...
Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Mohon Tunggu... Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Hello Talk, Aplikasi Edukasi Belajar Bahasa Asing

22 September 2016   11:06 Diperbarui: 22 September 2016   13:38 1486 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hello Talk, Aplikasi Edukasi Belajar Bahasa Asing
Sumber: Hellotalk.com

Kalian suka belajar bahasa asing? Mungkin akan terbayang dimana kita berada dalam sebuah kelas belajar bahasa asing, dengan pengajar native serta dilengkapi dengan modul dan buku-buku pendukung kelas bahasa. Namun perlu diingat, belajar bahasa asing tidak harus di dalam kelas dan bisa dilakukan dengan kursus atau secara otodidak. Bahkan kini kita bisa belajar bahasa apapun hanya dengan menggunakan ponsel saja, gratis, dan langsung dari penutur aslinya.

Hello Talk adalah pionir aplikasi obrolan yang fokus pada orang-orang yang ingin merasakan pengalaman chatting sambil belajar langsung dengan orang yang berbahasa asing. Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, Hello Talk hadir dengan fitur unggulannya seperti konversi suara ke teks ataupun sebaliknya, dan juga bisa langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang kita inginkan. Hello Talk juga akan merevisi kesalahan gramatikal dalam kalimat yang kita ketikkan. Hal ini tentu memudahkan kita dalam percakapan bahasa apapun yang tidak pernah kita pelajari sebelumnya. Percakapan pun tidak hanya bisa dilakukan secara personal tapi juga bisa dalam sebuah grup.

Ketika kita membuat akun Hello Talk kita akan diarahkan untuk mengisi nama, usia, asal negara, bahasa ibu (mother tongue), bahasa yang dikuasai, dan bahasa yang ingin dipelajari (bisa lebih dari satu bahasa). Kita juga harus mengisi berapa kira-kira tingkat pemahaman dalam bahasa ibu dan bahasa yang ingin dipelajari (karena mungkin sudah mempelajarinya).

Sumber: fluentin3months.com
Sumber: fluentin3months.com
Setelah itu mulailah mencari rekan obrolan yang kalian inginkan. Hello Talk akan mengarahkan orang-orang dengan latar belakang bahasa dan negara yang berbeda-beda kepada kita yang sama-sama ingin belajar bahasa asing.

Ada pengalaman menarik ketika saya menggunakan aplikasi ini. Saya mencari rekan chatting yang bebahasa spanyol. Kemudian saya mengajak seorang gadis cantik berkebangsaan Kosta Rika yang ingin belajar Bahasa Inggris dengan saya. Ternyata beliau adalah pelajar yang masih duduk di SMA dan justru meminta saya untuk membantu mengerjakan PR Bahasa Inggrisnya.

Sebagai tambahan, ada Sedikit tips dalam menggunakan aplikasi Hello Talk:

Cari teman chatting yang sebaya

Mengapa harus demikian? Tentu akan canggung rasanya chatting dengan orang yang berbeda jauh usianya. Selain itu topik pembicaraan terkadang tidak nyambung dan akan membuat suasana percakapan dan belajar bahasa asing menjadi tidak menyenangkan. Bagi kalian para jomblo, siapa tau bisa dapat jodoh orang bule karena keasyikan chatting dengan dalih belajar bahasa. Hehehe.

Sumber: quickshout.blogspot.co.id
Sumber: quickshout.blogspot.co.id
Sebaiknya jangan gunakan fitur terjemahan otomatis

Fitur terjemahan di Hello Talk memang sangat membantu kita dalam memulai dan memperlancar percakapan virtual dengan rekan Hallo Talk lainnya. Tapi sebaiknya kita harus berani menggunakan bahasa asing tanpa bantuan terjemahan. Jangan takut, sang penutur asing pasti akan membantu memperbaiki kesalahan dalam tulisan ataupun pelafalan kita jika salah. Begitu juga sebaliknya, kita juga dapat membantu para bule di luar sana dalam belajar Bahasa Indonesia.

Jika secara konsisten kita belajar bahasa asing, kita akan menguasai bahasa itu secara perlahan mulai dari kosakata hingga gramatikalnya. Jangan malu untuk chatting sambil belajar di aplikasi ini, karena semua orang memiliki semangat yang sama, yaitu ingin belajar bahasa asing dengan praktis, mudah, dan menyenangkan sambil menambah teman baru. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x