Mohon tunggu...
ARDINA EKAPRATIWI
ARDINA EKAPRATIWI Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

ardina eka pratiwi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Sekolah Luar Biasa pada Masa Pandemi Covid-19

13 Desember 2021   20:16 Diperbarui: 13 Desember 2021   20:26 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi    Covid-19  telah  melanda  hampir  seluruh  dunia.  Kisah penyebarannya  berbeda-beda  di   masing -masing  Negara. Di  bidang pendidikan  sangat merasakan dampak dari  adanya penyebaran Virus Covid -19. 

Pemerintah  terus  mengggalakkan  berbagai  cara  agar  pembelajaran  tetap  berlangsung. Pembelajaran  online   adalah solusi  bagi  terlaksananya pendidikan di masa pandemi. pembelajaran  online  juga  memberikan  tantangan  yang  luar  biasa  bagi  dunia  pendidikan. 

Tantangan  mengenai  pembelajaran  online  dialami  oleh  semua    kalangan  baik  peserta  didik,  guru,  orang  tua,  masyarakat  bahkan  pemerintah. 

Walaupun   kondisi  ini  memberikan  tantangan    namun  inilah  yang  harus  dilakukan agar  pembelajaran  tetap berlangsung. Pembelajaran  online  terjadi  dimana  pendidik  dan  peserta  didik  berada  di  tempat  terpisah namun interaksi tetap berjalan dengan baik.

Tetapi pada saat ini setelah meredanya covid 19 pemerintah memberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan  pembelajaran di Sekolah Luar Biasa menggunakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Di sekolah luar biasa saat ini sangat disarankan menggunakan metoe luring karena menurut Mendikbud bertujuan untuk memenuhi penyederhanaan kurikulum selama pandemi covid yang darurat, metode pembelajaran ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang atau tidak memiliki sarana dan prasarana yang mendukung untuk sistem daring karena bisa jadi menjadi faktor ekonomi untuk orang tua. 

kemudian pembelajaran tatap muka ini pun di sekolah luar biasa menggunanakan jadwal  pembelajaran  dilakukan  dengan  sistem bergiliran rombongan belajar (shifting) sesuai ketentuan dari masing- masing satuan pendidikan.dimana peserta didik dapat bergantian untuk masuk dikelas dan hanya 50% di setiap harinya secara bergantian.kemudian selain dengan sistem belajar shifting di Sekolah Luar biasa juga menentukan alokasi waktu pembelajaran dimana waktu tersebut lebih singkat pada hari hari biasanya sebelum pandemi covid ssat ini selain itu Guru  perlu  menyiapkan  materi  dan  bahan  pembelajaran  dengan    menggunakan    berbagai    media    dan    sumber    pembelajaran    dalam    mendesain    dan     mengaplikasikan  pembelajaran. Untuk menjaga kompetensi  siswa  maka  target  pembelajaran  harus  tercapai.  

Untuk  mencapai  target  pembelajaran  maka  perlu  ditunjang  oleh  beberapa  faktor  seperti  kesiapan  sarana  dan  prasarana,  bagaimana menyampaikan  materi  pembelajaran  dengan  baik  kepada  siswa oleh karena itu materi pembelajaran tersampaikan dengan baik oleh siswa sehingga pembelajaran akan dapat dipahami secara langsung, guru juga memberi strategi pembelajaran yang sesuai seperti materi tersebut berhubungan dengan kemampuan siswa, kemudian  bagaimana  supaya  siswa  bisa  beradaptasi   dengan   kebiasaan   baru   apabila   sebelumnya   sekolah   online   di   rumah   kini   harus   kembali  sekolah  dengan  metode  pembelajaran  baru . selajutnya adalah metode pembelajaran yang harus ditetapkan guru saat kegiatan PTMT berlangsung harus benar benar efektif guru biasanya menggunakan metode pembelajaran seperti metode tanya jawab,ceramah dll dan guru tetap memberikan himabuan  harus  mengikuti  protookol kesehatan.

Pembiasaan baru harus selalu ditanamkan dengan selalu mengigatkan kepada warga sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memasang spanduk atau poster-poster tentang pembiasaan baru memakai masker,mencucitangan,menjagajarak,dan sebagainya sesuai protokol kesehatan yang diharuskan.

Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka terbatas saat ini sangat penting untuk anak anak di sekolah luar biasa dimana siswa berkebutuhan khusus mampu belajar atau ber interaksi dengan lingkungan disekitar sehingga pencapaian belajar siswa mampu tercapai dengan baik. 

Dengan adanya kemampuan belajar siswa guru juga harus mendorong siswa agar dapat aktif saat pembelajaran tatap muka tersebut target pembelajaran selama pembelajaran offline tetap tercapai di sekolah luar biasa adalah sarana prasana,materi yang disampaikan guru, metode pembelajaran .yang digunakan efektif,siswa mampu beradaptasi dengan lingkungan langsung yang sebelumnya pembelajaran dilaksanakan daring,guru dapat mengelola kegiatan pembelajaran dengan baik,siswa dapat mengikuti pembelajaran setiap hari walaupun tidak ke sekolah dan  guru mampu memenuhi kebutuhan siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun