Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengapa Guru Perlu Menjadi Teman bagi Murid-Muridnya?

24 Mei 2024   13:00 Diperbarui: 24 Mei 2024   13:11 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-menghormati-orang-tua-dan-guru)

Peran Guru di Era Pembelajaran Modern

Di era pembelajaran saat ini, peran guru mengalami transformasi yang signifikan seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan pendidikan. Guru tidak lagi hanya berperan sebagai penyampai informasi, melainkan juga sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator. Sebagai fasilitator, guru membantu siswa untuk mengakses informasi dari berbagai sumber dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreativitas. 

Sebagai pembimbing, guru mendukung siswa dalam proses belajar yang lebih mandiri dan personal, membantu mereka menemukan gaya belajar yang paling efektif. Sebagai motivator, guru berperan dalam membangun semangat dan kepercayaan diri siswa, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif. 

Dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran, guru juga perlu menguasai berbagai alat dan platform digital untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, serta mengajarkan literasi digital kepada siswa. Oleh karena itu, peran guru di era pembelajaran saat ini lebih kompleks dan dinamis, menuntut kemampuan adaptasi yang tinggi serta pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan karakteristik generasi digital.

Guru perlu menjadi fasilitator, pembimbing, dan motivator untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang semakin kompleks dan dinamis di era modern. Sebagai fasilitator, guru membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dengan mengarahkan mereka untuk mengeksplorasi berbagai sumber informasi dan teknologi. Hal ini penting karena siswa perlu mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia nyata yang memerlukan kemampuan problem-solving dan inovasi. 

Sebagai pembimbing, guru mendukung proses belajar yang lebih personal dan mandiri, membantu siswa menemukan dan mengembangkan potensi unik mereka. Ini penting untuk menciptakan individu yang mampu belajar sepanjang hayat dan beradaptasi dengan perubahan. 

Sebagai motivator, guru memainkan peran kunci dalam membangun semangat belajar dan kepercayaan diri siswa, menciptakan lingkungan yang positif dan inklusif. Motivasi yang tinggi dapat meningkatkan prestasi akademik dan kesejahteraan emosional siswa. Dengan peran yang multifaset ini, guru mampu menginspirasi dan mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang kompeten, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Peran Guru Sebagai Teman Bagi Peserta Didik

Peran guru sebagai teman bagi peserta didiknya berarti guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai sosok yang mendukung, mendengarkan, dan memahami kebutuhan emosional serta sosial siswa. Dalam peran ini, guru menciptakan hubungan yang lebih dekat dan hangat dengan siswa, sehingga siswa merasa nyaman untuk berbicara dan berbagi pengalaman. Sebagai teman, guru menunjukkan empati, memberikan dorongan, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Ini penting untuk membangun kepercayaan dan rasa hormat antara guru dan siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar. 

Ketika siswa merasa didukung dan dipahami, mereka lebih mungkin untuk terbuka terhadap pembelajaran, mengambil risiko akademis, dan berani mengemukakan pendapat serta bertanya. Dengan demikian, peran guru sebagai teman tidak hanya memperkuat hubungan interpersonal, tetapi juga berkontribusi terhadap keberhasilan akademik dan perkembangan pribadi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun