Mohon tunggu...
Ardi Adrian
Ardi Adrian Mohon Tunggu...

Mahasiswa Jurnalistik di salah satu perguruan tinggi Negeri di Indonesia..

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Persahabatan

14 November 2015   16:58 Diperbarui: 14 November 2015   16:58 25 1 1 Mohon Tunggu...

Apa sih arti dari sebuah persahabatan? Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau ke mana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat aku bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas di mana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.

Terkadang aku dengan enteng menyebut, dia itu sahabatku. Tapi ketika ditanya ini itu tentang sahabatku yang berhubungan dengan keluarga, pendidikan dan lain-lain, aku bingung jawabnya. Dari situ aku berpikir, apa aku ini sahabat yang baik? Apa aku pantas disebut sahabat? Karena aku menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu aku memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy (keleluasaan pribadi) ke sahabat-sahabatku. Aku lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabatku. Bukannya aku orang yang nggak peduli dan nggak mau tahu, tapi menurut aku persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tahu tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut.

Hanya itu arti persahabatan?

Suatu hari aku menyatakan A adalah sahabatku. Ketika A ditanyakan, siapa sahabat kamu, A menjawab B, C, D, namun tidak menyebutkan nama aku. Dari sini aku mencoba memikir ulang. Apakah aku bukan termasuk sahabatnya? Apa aku bukan sahabat yang baik? Hal ini sering terbesit dalam pikiranku, teman aku banyak. Aku pergi dengan teman-teman yang berbeda. Namun apakah mereka adalah sahabat aku? Karena terkadang teman itu berbeda dengan sahabat.

Banyak seseorang yang mungkin dekat denganmu, tapi hanya beberapa orang yang menganggapmu sahabat. Terkadang ada yang datang ketika dia membutuhkan kita, dan terkadang juga ada yang hanya memanfaatkan kita karena dia tahu kalau kita mempunyai uang. Mungkin dia bukan sahabat, tapi hanya teman yang memanfaatkan temannya.

Sahabat adalah orang yang sangat berarti didalam hidup ini, best friend is my everything in my life, orang yang selalu memberikan pundaknya ketika sedang sedih, rela meluangkan waktunya hanya untuk mendengarkan curahan hati dari sahabatnya.

Semoga kau tetap menjadi sahabat sejatiku.(ysr)[caption caption="Yusri"][/caption]

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
14 November 2015