Mohon tunggu...
Ardhyanda Varell
Ardhyanda Varell Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD 2019

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Olahraga Futsal yang Semakin Populer di Indonesia

18 Januari 2022   03:09 Diperbarui: 18 Januari 2022   03:25 412 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olahraga Futsal - Sumber : acehtrend.com

Halo teman-teman semua, Saya Ardhyanda Varella A,P atau biasa di sapa Varell, saya merupakan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel dengan tema yang sangat populer di kalangan anak muda terutama buat yang sangat suka berolahraga, yaitu tentang olahraga futsal. Langsung saja ke pembahasannya ya!

Sejarah Futsal

Futsal (futbol sala dalam Bahasa spanyol) merupakan permainan sepakbola yang di lakukan atau dimainkan di dalam ruangan (indoor). Dengan  melihat dari asal katanya FUTSAL terdiri dari 2 kata yaitu futbol atau futebolberasal dari bahasa Spanyol atau portugis yang sama maknanya sama dengan sepakboladan kata Sala atau Salon yang berarti ruangan yang diambil dari bahasa Prancis danSpanyol. Futsal memiliki beberapa istilah lain dari berbagai negara antara lain  AmerikaUtara dikenal dengan nama "Indoor Soccer", sedangkan di benua Eropa terdapat banyak istilah; "Hal-Fodlod" di Denmark, "Futbal Sala" di Spanyol, "Calcetto" di Italia, "Hallen Fuball" di Jerman, dan "Futebol De Savao" di Portugal.

Awal mula permainan ini dimulai pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay oleh  seorang pelatih asal Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani. Sebutan futsal pertaman kali disebutkan oleh Ceriani pada saat melangsungkan kompetisi remaja (YMCA)  yang berbentuk mirip sepakbola yang terdiri lima lawan lima. Permulaanpermainan ini dilakukan oleh suatu sebab yaitu ketika sang pelatih harus menjalankan program latihan sepakbola konvesional terhambat hujan yang lebat yang mengakibatkan tergenangnya lapangan, kemudian Ceriani memiliki ide yang cemerlang dengan memindahkan latihannya didalam sebuah gedung olahraga yang dimainkan dalam lapangan yang relatif kecil seukuran lapangan basket

Permainan futsal memiliki peraturan-peraturan hingga teknik yang berbeda dengan permainan sepakbola. Contohnya, ukuran lapangan yang kecil dan di dalam ruangan, ukuran bola yang berbeda yang mana ukuran bola futsal relative lebih kecil jika dibandingkan dengan bola sepak yaitu ukuran 4 untuk futsal dan ukuran 5 untuk sepakbola. Tidak hanya itu, permainan futsal di mainkan oleh 5 orang (1 Kiper dan 5 Pemain) dari setiap tim yang berbeda. Waktu permainan futsal selama 2x20 Menit. Setiap permainan pasti memiliki Law of The Games tersendiri begitu pula permainan futsal sebagai olahraga profesional yang berlaku adalah peraturan yang dikeluarkan oleh induk organisasi olahraga sepakbola dunia yaitu  FIFA.

Futsal Indonesia

Dengan berkembangnya Futsal di berbagai negara juga merambah ke Indonesia. Waktu yang pasti futsal masuk ke Indonesia masih menjadi perdebatan. Menurut harian pikiran rakyat mengungkapakan bahwa futsal masuk ke Indoensiasekitar pertengahan hingga akhir tahun 2000, tetapi ada juga yang mengatakan pada tahun 2001. Tetapi melihat dari sisi dimana futsal mulai diperbincangkan dan dimainkan,pada tahun 2001-lah Futsal di Indonesia mulai dikenal.

Seiring berjalannya waktu dan dengan semakin maju nya teknelogi informasi dan komunikasi yang ada, mengakibatkan olahraga futsal semakin dikenal masyarakat Indonesia, bahkan hampir seluruh Indonesia sudah mengenal olahraga futsal tersebut. Banyak sekali media sosial dan media massa lainnya yang semakin gemar untuk memberikan informasi seputar olahraga futsal, baik itu kompetisi nasional maupun internasional.

Untuk sekarang olahraga futsal indonesia di naungi atau di kontrol oleh FFI, Apa itu FFI? FFI (Federasi Futsal Indonesia) adalah sebuah organisasi olahraga yang menaungi aktivitas futsal di Indonesia. Organisasi ini berada dalam naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Organisasi ini merupakan pembaruan dari Badan Futsal Nasional yang dibubarkan PSSI pada tahun 2014, serta berganti nama dari Asosiasi Futsal Indonesia yang dibentuk pada tahun 22 Juni 2014. Organisasi ini mengatur kegiatan tim nasional futsal Indonesia dan menjalankan kompetisi Liga Futsal Profesional Indonesia.

Di beberapa daerah yang ada di Indonesia, olahraga futsal hampir Sebagian besar sangat di minati oleh kalangan anak-anak muda, karena semakin mudahnya akses untuk dapat bermain futsal yang ada di setiap daerah tersebut. Seperti semakin banyaknya rental-rental lapangan futsal dengan harga yang terjangkau hingga banyaknya event atau lomba antar sekolah, sehingga menjadikan olahraga futsal menjadi sarana untuk bersaing secara sehat untuk membela atau membanggakan nama sekolah. Tidak hanya itu futsal juga menjadi sarana untuk pengembangan minat dan bakat untuk dapat berprestasi baik individu maupun sebagai sebuah tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan