Mohon tunggu...
Aris Dany Setyawan
Aris Dany Setyawan Mohon Tunggu... Pelajar jurusan IPS SMA LABORATORIUM UM

Malang,2 April 2003 Pecinta sejarah Merintis menjadi seorang penulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tugas Teks Pidato: Budaya Membaca sebagai Penanggulangan Berita Hoaks

19 Oktober 2020   15:04 Diperbarui: 19 Oktober 2020   15:13 189 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Teks Pidato: Budaya Membaca sebagai Penanggulangan Berita Hoaks
sumber: komentarmu.com

Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Sukamaju, Bapak Joko beserta perangkat. Yang terhormat , Ikatan Muspika Kecamatan Jatiluhur. Dan tak lupa Bapak-Ibu hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillahirabbil alamiin Rasa syukur kita haturkan atas kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan kenikmatan sehat kepada kita semua sehingga kita bisa hadir dalm acara "Peresmian Perpustakaan Desa Sukamaju" yang kita banggakan bersama ini.

Yang kedua sholawat dan salam tak terlupa atas junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, Nabi yang telah menuntun kita dalam menuju jalan yang diridhai --Nya.

Hadirin yang berbahagia

Dalam pagi yang cukup cerah ini, saya sebagai koordinator perpustakaan Desa Sukamaju akan menyampaikan sedikit pidato dengan judul "Budaya Membaca sebagai Penanggulangan Berita Hoax"

Berbicara mengenai budaya membaca, prosentase negara kita masih sangatlah rendah. Yakni sekitar 0,001% yang artinya dari 1000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Hal ini membawa Indonesia berada pada urutran dua terbawah di dunia. Selain itu UNESCO juga menuturkan bahwa orang indonesia lebih suka cerewet di media sosial akan tetapi malas dalam membaca informasi penting.

Sungguh miris, hal itu mencerminkan bahwa budaya membaca kurang ditanamkan sejak dini.   Sehingga tak heran jika ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kebisaan membaca dinilai sebagai kegiatan yang membosankan. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai suatu kebiasaan yang norak.

Pola pikir sedemikian patutnya sudah kita hilangkan jauh-jauh dalam hidup kita. Karena membaca sendiri sangatlah banyak manfaatnya. Seperti menambah wawasan, meningkatkan konsentrasi dan juga masih banyak manfaat lain yang tak kalah luar biasa.

Hadirin yang saya hormati

Semakin canggih teknologi seperti saat ini menuntut kita untuk memiliki minat baca yang tinggi. Sebab apa? Dengan adanya rasa suka terhadap membaca dapat menghindarkan kita dari berita yang bohong atau yang lebih di kenal dengan istilah hoax.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN