Mohon tunggu...
Archangela Mola
Archangela Mola Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Sekedar berbagi tulisan opini

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tanggung Jawab!

3 Agustus 2022   08:09 Diperbarui: 3 Agustus 2022   08:14 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai readers, tulisan kali ini bertemakan sedikit sharing tulisan pengalaman pribadi.

Pernakah kalian merasa kecewa ? dikarenakan terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan kemauan kalian. Salah satunya mengenai tanggung-jawab.

Suatu waktu, aku pernah dihadapkan dalam suatu hal dimana terdapat suatu tugas kelompok yang mengharuskan kita bekerja sama sebagai tim, dan memiliki tupoksi masing-masing. Suatu waktu, salah satu anggota tidak melaksanakan tugasnya yang berimbas pada anggota lain, dengan alasan SIBUK ! 

Aku mencoba memahami, dan berusaha untuk membagi beberapa tugas dalam kelompok, sebisa mungkin agar tidak terdapat ketimpangan. Tapi ? apa jadinya ? Semuanya berantakan, mereka semua malah mangkir. 

Jujur saat itu, aku sangat stress, mempertanyakan tanggung-jawab yang diberikan dari awal dengan membawa nama kelompok. Apakah mereka tidak memiliki perasaan ? Aku mencoba berbagai hal, dengan rapat bersama dll. Tapi nihil. 

Sebagai generasi muda, aku sangat menyayangkan hal ini, bagaimana komitmenmu dalam tanggung-jawab ? Dari awal aku sadar bahwa tidak semua hal dapat aku kontrol, tidak semua hal dapat terjadi dengan kemauan kita.

Kita harus belajar untuk menerima hal-hal yang tidak kita inginkan bukan ?
Perkara sibuk, adalah urusanmu, tidak bisa dikaitkan atau dicampurkan dengan urusan kelompok.

Sedikit sharing ini, mungkin bisa dapat dipahami bahwa pentingnya masa muda, tanggung-jawab, dan manajemen waktu. 

Selamat pagi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun