Mohon tunggu...
Aras Yulita
Aras Yulita Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Etika Bisnis dalam Pemasaran

23 Juni 2018   09:35 Diperbarui: 23 Juni 2018   09:51 4979
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam dunia bisnis, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata "etika". Yah, etika dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk mengelola dan menjalankan sebuah bisnis, dengan adanya etika bisnis yang baik maka suatu bisnis akan lebih mudah berkembang. Etika bisnis adalah cara-cara yang dilakukan seseorang untuk menunjang kegiatan bisnis, yang dimana sangat berpengaruh terhadap individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat itu sendiri.

Dengan adanya etika bisnis diharapkan suatu organisasi atau perusahaan mampu untuk menciptakan bisnis yang adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku serta dapat memberikan arah dalam mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik sehingga dapat diterapkan dan dilakukan oleh semua orang yang mempercayai bahwa organisasi atau perusahaan tersebut telah memiliki etika bisnis yang baik.

Etika bisnis disini sangat diperlukan oleh setiap organisasi atau perusahaan karena dapat mendorong kesadaran moral dan menciptakan bisnis yang baik karena jika tidak ada etika bisnis dalam suatu organisasi atau perusahaan maka nantinya hal itu dapat merugikan berbagai pihak yang terkait.

Etika dalam dunia bisnis tentunya dapat mencakup ke dalam banyak hal, setiap peran dan pekerjaan yang dilakukan haruslah memiliki etika yang baik sesuai dengan standar yang berlaku dan tidak melanggar norma ataupun aturan-aturan yang ada. Bahkan dalam setiap lingkup pekerjaan yang dilakukan memiliki etikanya masing-masing, seperti etika dalam kejujuran yang menyangkut pelaporan keuangan, etika dalam transparansi yang menyangkut dalam penggunaan operasional perusahaan, etika dalam memberikan pelayanan kepada konsumen termasuk dalam hal pemasaran dan lain sebagainya.

Dalam suatu perusahaan, jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan manufaktur, industri, perdagangan, bahkan perusahaan jasa sekalipun tentunya sangat diperlukan sekali tenaga kerja penjual atau marketing dalam perusahaan tersebut. Bahkan tak jarang kita mendengar bahwa "ujung tombak dari suatu perusahaan adalah sales/maketing/tenaga pemasarnya", hal ini terlihat jelas sekali karena merekalah yang langsung terjun ke lapangan dan mempelajari apa saja keinginan pasar atau kebutuhan pasar saat ini.

Kegiatan pemasaran ataupun promosi dilakukan untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa agar mudah dan cepat dikenali oleh masyarakat dengan harapan adanya kenaikan pada tingkat pemasarannya. Pengenalan produk disini sangat diperlukan untuk dapat membuat barang yang produksi menjadi diketahui oleh publik dalam memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa tersebut diperlukan etika-etika yang mengatur bagaimana cara berpromosi yang baik dan benar serta tidak melanggar peraturan yang berlaku, etika ini juga diperlukan agar dalam berpromosi tidak ada pihak-pihak yang dirugikan oleh teknik promosi.

Dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk/jasa, banyak sekali hal-hal yang perlu di perhatikan. Kadangkala yang cukup sering kita temui di masyarakat adalah para sales/penjual/marketing seringkali menggunakan kalimat-kalimat hiperbola yang memang dengan tujuan agar konsumen tertarik dan kemudian membeli produk tersebut, akan tetapi bagaimana jika mereka sendiri saja belum paham betul akan produk yang dijual sehingga memberikan suatu informasi produk yang tidak relevan dan dibuat-buat, tentu saja hal ini akan dapat merugikan berbagai pihak terkait terutama konsumen sebagai pihak yang membeli dan menggunakan produk/jasa tersebut. Jadi, sebaiknya dalam hal memasarkan produk/jasa haruslah kita mengenal lebih jauh lagi produk/jasa yang kita tawarkan. 

Pemasaran atau promosi yang marak dilakukan oleh setiap perusahaan yang menyangkut etika pemasaran yang baik memang masih terkesan abstrak khususnya di Indonesia. Kita kerap kali menemukan aktivitas pemasaran/promosi yang masih menyudutkan pihak lain atau bahkan memonopoli pihak-pihak tertentu sehingga hal ini cukup merugikan pihak lain dan jika kita sadar lebih jauh hal ini bahkan melanggar norma atau hukum.

Maka dari itu seorang marketing/sales haruslah mempunyai suatu etika dalam memasarkan produk/jasa, dengan bersandar pada sistem nilai masyarakat terkait etika bisnis yang baik dengan mengakui setiap hak konsumen terhadap keamanan produk/jasa, informasi yang lengkap akan suatu produk/jasa dan nilai yang sesuai dengan harga yang telah konsumen keluarkan.

Disamping itu, seorang sales/marketing harus juga menegakkan dan mengedepankan integritas, kehormatan, dan martabat mereka sebagai seorang sales/marketing dengan cara jujur dalam melayani konsumen, klien, pegawai lainnya, pemasok, distributor dan masyarakat.

Namun selain daripada itu tentunya sales/marketing yang memasarkan produk/jasa ini tetap harus didukung oleh perusahaan dan institusi yang terlibat dalam aktivitas pemasaran tersebut. Sebagai seorang sales/marketing harus menyadari bahwa kita tidak hanya melakukan yang terbaik atau tidak hanya melayani perusahaan tempat kita bekerja saja, tetapi juga melayani sekaligus bertanggungjawab terhadapat masyarakat dan segala aktivitas pemasaran/promosi yang dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun