Mohon tunggu...
Aprilia Yesinta
Aprilia Yesinta Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Home

KKN P1 Universitas PGRI Madiun melakukan pendampingan terhadap UMKM " Peyek Bu Yatemi" di Kelurahan Kanigoro.

9 Mei 2025   10:13 Diperbarui: 9 Mei 2025   18:20 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN P1 Universitas PGRI Madiun melakukan pendampingan terhadap UMKM "Peyek Bu Yatemi" di Kelurahan Kanigoro. Melalui program ini, dilakukan rebranding dengan nama baru "Peyek Sri Sedono", diambil dari nama jalan tempat tinggal pelaku usaha. Selain itu, dilakukan pembuatan katalog digital, pelatihan penggunaan platform gratis, dan pembuatan akun digital untuk memperluas jangkauan pasar.

Kemasan produk yang sebelumnya sederhana diperbarui dengan desain yang lebih menarik dan informatif. Label produk kini mencantumkan informasi penting seperti nama produk, komposisi, tanggal produksi, dan QR Code yang terhubung ke katalog digital, bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk dan memperluas pangsa pasar.


(Foto Rebranding dan mendesain kemasan label rempeyek)
(Foto Rebranding dan mendesain kemasan label rempeyek)

Meningkatkan Branding dan Nilai Tambah Produk UMKM melalui Strategi Kemasan dan Label

Dalam upaya memperkuat daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), strategi kemasan dan label memegang peranan penting. Kemasan dan label bukan hanya berfungsi sebagai pelindung produk, tetapi juga sebagai alat komunikasi yang efektif untuk menarik perhatian konsumen dan membangun citra merek.

Pentingnya Kemasan dan Label dalam Branding UMKM

Kemasan dan label yang dirancang dengan baik dapat memberikan informasi penting kepada konsumen, seperti nama produk, komposisi, tanggal kedaluwarsa, dan informasi lainnya. Selain itu, desain yang menarik dan profesional dapat meningkatkan persepsi konsumen terhadap kualitas produk .

Strategi Peningkatan Branding melalui Kemasan dan Label :

  1. Identifikasi Target Pasar
    Mengetahui siapa target konsumen Anda akan membantu dalam merancang kemasan dan label yang sesuai dengan preferensi mereka.
    1. Desain yang Menarik dan Informatif
      Gunakan warna, font, dan gambar yang menarik serta informatif untuk menyampaikan pesan merek Anda.
    2. Konsistensi Branding
      Pastikan semua elemen kemasan dan label konsisten dengan identitas merek Anda untuk membangun kepercayaan konsumen.
    3. Pemanfaatan Teknologi Digital
      Integrasikan QR Code pada label untuk memberikan informasi tambahan atau promosi khusus kepada konsumen.


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun